Pendaftaran CHA Kembali Di Buka, KY Gelar Sosialisasi dan Penjaringan Di Makassar

 

Makassar, Sulselku.com – Komisi Yudisial (KY) kembali menggelar kegiatan sosialiasi dan penjaringan calon hakim agung (CHA) tahun 2018. Kali ini, acara tersebut diselenggarakan di Fakultas Hukum Universitas Hasanuddin (Unhas).

Ketua KY Bidang rekrutmen hakim Hakim, Prof. Dr. Aidul Fetriciada Ashari, S.H., M.Hum. mengatakan, acara ini digelar dalam rangka menjaring calon hakim agung yang berintegritas untuk mengisi kekosongan lima jabatan hakim agung di Mahkamah Agung (MA) dengan delapan kekosongan hakim agung.

“Maksud acara ini adalah sosialisasi tentang seleksi CHA. Jadi, KY ingin menjemput bola dan ingin memberi sosialisasi tentang tata cara seleksi hakim agung dengan harapan secara kuantitas, kualitas, dan integritas, kita bisa mendapatkan calon yang diharapkan,” kata Aidul di fak. Hukum Unhas Makassar Jumat (24/8/2018).

Aidul menuturkan, berdasarkan surat dari Wakil Ketua MA Bidang Non Yudisial Nomor 04/WKMA-NY/7/2018 tertanggal 20 Juli 2018, MA membutuhkan delapan hakim agung untuk mengisi lima kamar di lembaga tersebut.

Komposisi kebutuhan hakim agung di lima kamar yang dimaksud adalah kamar agama ‎satu orang, kamar perdata tiga orang, kamar pidana satu orang, kamar militer dua orang, dan kamar tata usaha negara (TUN) satu orang.

Melalui kegiatan ini, dia berharap semua pihak dapat mengerti mekanisme pengusulan atau pendaftaran CHA 2018. “Ada delapan orang yang dibutuhkan dalam seleksi calon hakim agung di 2018 ini

Dalam kesempatan ini, turut hadir ‎Dekan Fak. Hukum Unhas Makassar, Prof. Dr. Farida Patitingi, S.H., M.Hum. Selaku penyelenggara, Aidil mengucapkan terima kasih kepada pihak Universitas atas kesediaannya menyediakan sarana dan prasarana demi terselenggaranya acara sosialisasi ini.

“Saya ucapkan terima kasih kepada Dekan Fakultas Hukum Unhas sehingga kami (KY) bisa menyelenggarakan acara sosialisasi ini,” tambahnya

Sekadar diketahui, gelaran sosialisasi dan penjaringan dilakukan di dua kota, yaitu di PTA Banjarmasin pada 17 Maret 2017, PTA Jakarta pada 22 Maret 2017, dan pendaftaran peserta seleksi CHA dibuka secara online di alamat rekrutmen.

Reporter : Rafi Akase

Komentar Anda ?

Leave a Reply