5 Penyebab Nugget Ayam Berbahaya Untuk Kesehatan

Sulselku – Ada banyak jenis lauk pauk yang biasa dikonsumsi bersama nasi seperti daging ayam, daging sapi, tahu, tepe, ikan, telur, dan masih banyak lainnya. Namun, yang paling disukai oleh sebagian orang adalah daging ayam. Daging ayam memang bisa diolah menjadi berbagai macam jenis masakan yang tentu saja  cita rasa yang cukup enak. Salah satu olahan daging ayam yang paling mudah dan praktis adalah nugget ayam.

Nugget ayam merupakan makanan olahan pabrik yang dibekukan dan bisa Anda dapatkan di pasar, supermarket, maupun swalayan. Di samping rasanya yang enak, nugget ayam juga mudah untuk dimasak. Biasanya, nugget ayam dijual dalam bentuk kemasan dan siap saji sehingga Anda hanya tinggal menggorengnya saja.

Namun, tahukah Anda jika nugget ayam ternyata berbahaya bagi kesehatan karena makanan ini mengandung bahan pengawet. Selain mengandung bahan pengawet, ada beberapa alasan lain mengapa nugget ayam berbahaya bagi kesehatan tubuh. Berikut penjelasannya.

1. Terlalu Banyak Sodium
Dilansir doktersehat.com, seperti yang anda tahu, bahwa tubuh hanya membutuhkan sedikit sodium saja. Sedangkan di dalam 10 nugget ayam, mengandung sekitar 1.000 mg sodium. Sodium sama dengan natrium yang jika dikonsumsi terlalu banyak akan menimbulkan efek buruk bagi kesehatan yakni dapat memicu tekanan darah tinggi.

2. Tepung Gluten
Gluten merupakan zat yang berdampak buruk pada kadar gula darah jika terlalu banyak dikonsumsi. Nugget ayam terbuat dari bahan daging ayam yang digiling dan dicampur dengan tepung untuk memadatkannya. Dan ternyata tepung tersebut masih mengandung gluten. Bisa Anda bayangkan jika terlalu banyak mengonsumsi nugget ayam, maka risiko gangguan kadar gula darah akan mengintai Anda. Selain itu, nugget ayam juga tidak dianjurkan untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes.

3. Efek Samping Gula Dektrosa
Nugget ayam juga bisa menyebabkan seseorang mengalami kegemukan karena dapat menimbun lemak. Makan ini mengandung campuran gula dektrosa yang dapat menyebabkan Anda mengalami hiperglikemi, sehingga akan sangat berbahaya jika dikonsumsi terlalu banyak, terutama pada penderita diabeted.

4. Minyak Kedelai Terhidrogenasi
Nugget ayam mengandung minyak kedelai yang juga termasuk lemak trans. Untuk mengonsumsinya, Anda pasti menggorengnya terlebih dahulu. Jika Anda terlalu banyak mengonsumsi nugget ayam, maka Anda akan mengalami obesitas. Selain itu, juga dapat menimbulkan penyakit jantung.

5. TBHQ dan Dimethylpolysiloxane
TBHQ adalah produk berbasis minyak bumi. Penggunaan TBHQ pada makanan dapat menimbulkan mutasi seluler, kerusakan hati, kerusakan pada sistem reproduksi, perubahan biokimia, dan sebagainya jika dikonsumsi terlalu banyak.

Komentar Anda ?

Leave a Reply