6 Cara Redakan Sakit saat Kontraksi

Sulselku – Kontraksi adalah salah satu hal yang pasti akan dialami oleh ibu hamil menjelang persalinan. Biasanya, ibu hamil akan lebih dulu mengalami beberapa kontraksi palsu atau yang biasa disebut sebagai Braxton Hicks. Rasa yang Anda rasakan akan terasa seperti kram ketika menstruasi.

Setelah itu menjelang persalinan, frekuensi kontraksi akan bertambah dan rasa sakitnya akan menjadi lebih kuat. Kisah-kisah tentang rasa sakit saat kontraksi terjadipun biasa diceritakan dari mulut ke mulut dan membuat banyak calon ibu merasa takut.

Apakah Anda merasa begitu juga, Moms? Wah, semoga tidak ya. Rasa takut akan membuat Anda menjadi tegang sehingga perhatian Anda untuk mengatur napas atau posisi menjadi teralih. Tidak mau, kan?

Untuk mengurangi rasa takut Anda, berikut beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk meredakan rasa sakit ketika kontraksi:

1. Mengubah Posisi Anda
Mengubah posisi duduk merupakan cara pertama yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi rasa sakit saat kontraksi. Duduklah bersandar pada dinding, kursi, sofa atau pada badan suami. Cobalah posisi yang tidak menentang gravitasi seperti membuka panggul.

2. Minta Dukungan
Saat memasuki ruangan bersalin, Anda bisa meminta beberapa orang untuk menemani Anda. Pilihlah orang-orang yang dapat membuat Anda merasa nyaman dan tenang ketika berada di samping mereka. Misalnya, suami, ibu, ibu mertua atau kakak perempuan Anda.
Dukungan dari orang-orang yang buat Anda merasa nyaman akan secara otomatis buat Anda jadi lebih rileks dan tenang.

3. Berendam Air Hangat
Duduk di dalam bak mandi berisi air hangat bisa menjadi cara lainnya untuk mengurangi rasa sakit saat kontraksi. Rasa hangat yang diberikan oleh air hangat bisa buat tubuh Anda jadi terasa lebih rileks dan buat otot jadi tidak tegang.
Namun, apabila rumah sakit tempat Anda bersalin tidak memiliki bak mandi, gunakan saja shower untuk menyiram beberapa bagian tubuh Anda yang terasa tegang agar terasa lebih rileks. Anda juga bisa menggunakan kain hangat untuk mengompres perut dan punggung saat kontraksi.

4. Gunakan Aromaterapi
Minyak aromaterapi atau minyak esensial yang beraroma bisa membantu merilekskan tubuh dan pikiran. Aroma yang diberikan bisa buat otak dan pikiran jadi lebih tenang dan rileks.

5. Melakukan Pemijatan
Anda bisa gunakan minyak esensial beraroma ketika sedang dipijat. Perpaduan dari keduanya bisa buat Anda jadi lebih nyaman, rileks, dan tentunya mengurangi rasa sakit saat kontraksi.
Minta bantuan suami atau suster untuk memijat bagian punggung dan pinggul, sementara Anda bisa duduk dengan rileks sambil memeluk bantal atau guling kesayangan.

6. Afirmasi
Selagi Anda melakukan pemijatan atau sedang berendam di dalam bathtub, lakukanlah Afirmasi. Afirmasi adalah serangkaian kata positif yang dimaksudkan untuk diucapkan ke diri sendiri.
Dorongan yang Anda berikan pada diri sendiri bisa buat Anda jadi lebih berpikir positif dan mengalihkan rasa sakit ketika kontraksi.

Komentar Anda ?

Leave a Reply