7 Makanan dan Minuman yang Menyebabkan Dehidrasi

Sulselku – Selain cuaca terik, kesibukan dalam aktivitas sehari-hari juga dapat membuat cairan di dalam tubuh kita berkurang. Akibatnya, konsentrasi akan berkurang dan tubuh menjadi lemas. Lebih buruknya lagi, kita bisa mengalami dehidrasi yang dapat berujung pada kondisi medis darurat bila tidak segera ditangani.

Tanpa kita sadari, beberapa makanan dan minuman yang biasa kita konsumsi juga bisa menyebabkan terjadinya dehidrasi, lho. Bahkan, beberapa sayuran juga dapat membuat kita kekurangan cairan tubuh.
Kira-kira, apa saja makanan dan minuman yang dapat membuat kita dehidrasi? Berikut rangkumannya seperti dilansir Rodales Organic Life:

1. Soda
Bukan menjadi rahasia lagi bila soda merupakan salah satu minuman yang dapat mengurangi cairan dalam tubuh secara drastis. Minuman segar ini mengandung kafein yang membuat kita lebih sering buang air. Parahnya lagi, kandungan pemanis buatan di dalamnya memiliki efek yang dapat menyerap air dari jaringan tubuh kita.

2. Minuman berenergi
Hampir serupa dengan soda, minuman ini juga mengandung pemanis buatan dan kafein dalam jumlah cukup besar, sehingga menyebabkan terjadinya dehidrasi. Sebisa mungkin hindari mengkonsumsi minuman berenergi dan beralih ke pilihan yang lebih sehat lainnya seperti air putih.

3. Makanan asin
Sama seperti gula, garam memiliki kandungan sodium yang dapat menyerap air yang ada di jaringan tubuh sehingga membuat kita kekurangan cairan. Semakin asin dan gurih makanan yang kita santap, akan semakin tinggi pula risiko terjadinya dehidrasi.

4. Daun parsley
Ternyata, daun parsley mengandung ekstrak yang dapat meningkatkan komponen diuretik sehingga memicu kita untuk buang air lebih sering. Kendati demikian, efek tersebut hanya akan terjadi bila kita mengkonsumsi parsley dalam jumlah banyak.

5. Asparagus
Sayuran hijau ini mengandung asam amino yang disebut asparagine. Kandungan ini tak hanya akan membuat urin menjadi bau, namun juga membuat kita ingin selalu buang air sehingga kandungan air dalam tubuh kita semakin berkurang. Namun tak perlu khawatir, sama seperti parsley, efek ini hanya akan terjadi bila asparagus dikonsumsi dalam jumlah besar.

6. Kopi dan teh
Ya, kedua minuman ini mengandung kafein yang dapat mengurangi cairan dalam tubuh kita sehingga dapat menyebabkan dehidrasi. Selain itu, tambahan gula di dalamnya akan menyerap air yang ada dalam jaringan tubuh kita.

7. Jus buah
Meski terbuat dari buah yang baik bagi tubuh, namun ternyata jus yang terbuat dari berbagai kombinasi buah justru dapat berdampak sebaliknya. Kandungan gula yang ada pada buah akan berlipat ganda bila dikombinasikan dengan buah lain yang memiliki tekstur serupa. Misalnya saja, kombinasi jus stroberi dan nanas yang memiliki konsistensi kental. Untuk mengakalinya, tambahkan sedikit es batu untuk sedikit mengurangi kadar gula di dalam jus tanpa mengubah rasanya.

Komentar Anda ?

Related posts

Leave a Comment