Ada Yang Belum Tau Mana Pakaian Abaya, Kaftan dan Gamis? Ini Dia Ulasannya

Sulselku – Abaya, kaftan dan gamis merupakan busana hijab moderen yang memiliki ciri khas simpel, longgar serta tidak membentuk tubuh. Tidak heran, busana ini memang disukai para hijabers sebagai fashion hijab untuk bergaya casual ataupun formal.

Ketiga busana tersebut memang memiliki persamaan antara lain inovasi desain yang terus berkembang mulai dari motif, bahan dan detail. Namun tentunya, kamu harus tahu perbedaan dari ketiga busana tersebut. Buat kamu yang penasaran, simak ulasan dibawah ini ya!

1. Abaya
Abaya merupakan busana khas Timur Tengah atau biasa diebut sebagai gamis Arab. Abaya sendiri memiliki model yang simpel, bentuk melebar dan nyaman dipakai untuk busana Muslim karena lekukan tubuh tidak akan terlihat jika kamu memakai busana ini. Busana ini kian dimodifikasi menjadi busana hijab moderen yang cocok digunakan untuk tampilan formal. Bahan yang biasa diguakan untuk membuat abaya tergantung selera si pemakainya. Ada yang menyukai bahan satin, kaos, brokat hingga sutera. Selain itu inovasi dari abaya juga biasanya berupa manik-manik, bordir hingga layer untuk mempercantik busana ini.

2. Kaftan
Berbeda dengan abaya, kaftan merupakan salah satu busana tunik yang digunakan pada zaman kerajaan Persia Kuno beberapa abad silam. Sama hanya seperti abaya, busana kaftan memiliki bentuk yang longgar dengan tidak memiliki potongan lengan. Pada awal kemunculannya, busana model hijab satu ini berbentuk kotak dan tidak memiliki detail atau hiasan apapun. Namun seiring waktu dan perkembangan zaman, busana hijab ini masih diminati banyak muslimah karena memiliki inovasi yang mulai beragam. Mulai dari kerut, monumental tekstil hingga draperi yang membuat busana ini terlihat fashioanble dan stylish.

Saking diminatinya, busana ini tidak hanya digunakan dan diminati oleh wanita muslimah saja. Banyak wanita yang tidak berhijab atau non Muslim memakai busana ini untuk menghadiri cara formal atau dibuat model dress. Kaftan kini hadir dengan inovasi baru seperti beragam manik-manik, aksesoris, motif dan detail yang membuat busana ini kian berkelas.

3. Gamis
Hampir mirip dengan kaftan, gamis merupakan busana dengan desain sedikit menyerupai bentuk tubuh namun tetap longgar. Busana ini tidak terlalu lebar dan cenderung memiliki model yang lurus. Seiring dengan perkembangan zaman dan mode, fashion hijab yang satu ini pun semakin banyak inovasinya. Mulai dari penambahan manik-manik, detail dan model hijab yang kian moderen. Gamis juga tidak hanya dipakai untuk umat Muslim saja lho, banyak juga dipakai untuk merayakan acara keagamaan, acara pernihakan atau busana untuk hadir ke acara keluarga besar.

Komentar Anda ?

Leave a Reply