Begini Cara UPT Jember Membangun Minat Literasi


Sulselku – Ada berbagai cara yang dilakukan oleh beberapa pihak dalam mempopulerkan Budaya literasi, berbagai cara kreatif tersebut telah dilaksanakan oleh Unit Pelayanan Teknis (UPT) Perpustakaan Universitas Jember (Unej), Jawa Timur, Salah satunya dengan memadukan kegiatan membaca buku dengan minum kopi.

Kegiatan ini diberi nama “pesta literasi”. Merupakan salah satu upaya untuk terus menyebarluaskan semangat membaca di kalangan sivitas akademika Unej dan juga masyarakat Jember yang digelar di kampus setempat.

“Selain mendapatkan berbagai pengetahuan terkait literasi, khususnya literasi informasi, pengunjung juga dapat menikmati minuman kopi gratis yang disajikan oleh Komunitas Jember Koffiesta”, tutur Kepala UPT Perpustakaan Unej Ida Widiastuti di perpustakaan kampus setempat.

Acara yang terbilang kreatif ini ternyata Salah satunya caranya adalah dengan menggandeng komunitas Jember Koffiesta karena saat ini minum kopi telah jadi tren, sehingga pihaknya menyediakan 300 gelas kopi gratis yang sudah diracik oleh Komunitas Jember Koffiesta dengan berbagai ragam minuman kopi dari kopi robusta, arabika hingga kopi gayo yang dilengkapi dengan makanan ringan.

Wakil Rektor III Unej M. Sulthon Masyhud dalam sambutannya memberikan apresiasi terhadap langkah nyata yang telah dilakukan oleh UPT Perpustakaan Unej dalam menyebarluaskan gerakan literasi.

Selain itu momentum kegiatan Pesta Literasi juga dijadikan sebagai momen lahirnya Komunitas Sahabat Perpustakaan yakni komunitas yang berupaya meningkatkan kemampuan berliterasi dan menyebarkan budaya membaca kepada masyarakat, baik di dalam maupun di luar kampus.

Komentar Anda ?

Leave a Reply