Begini Pola Pendidikan Bagi Generasi Asmat


Sulselku – Bupati dan Wakil Bupati Asmat, Elisa Kambu-Thomas Eppe Sanfanpo mengungkapkan jika mereka telah mencanangkan salah satu terobosan yang dilaksanakan sejak Januari 2018 adalah mewajibkan guru-guru kembali ke tempat tugas. Bahkan, gaji guru, tak ditransfer melalui rekening lagi setiap bulan. Tetapi nantinya diambil secara manual di Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) di tingkat distrik.

Seperti yang diketahui terobosan ini lahir karena sorotan datang silih berganti dari masyarakat kepada pemerintah, Tidak maksimalnya guru di daerah pedasaan dalam proses belajar mengajar.

Saat ini Kabupaten Asmat sedang menerapkan pendidikan berpola asrama. “Kami sedang terapkan SD/SMP Satu Atap berpola asrama khas Asmat di Sawaerma, juga SMP Negeri III,” ujarnya.

Hal tu sesuai permintaan Yuven Biakai saat itu agar ada sekolah unggulan Asmat. “Namun, bagi saya kurang tepat. Jika orang luar mengetahui, bisa dianggap terlalu bombastis,” ujarnya.

sejak 2008 silam, pendidikan berpola asrama khas Asmat, mulai berjalan di Sawaerma. Anak-anak yang direkrut masuk di sekolah itu, diseleksi dari kampung-kampung.

“Jadi, anak-anak tersebut, umumnya diambil dari kelas IV. Selanjutnya masuk di Satap berpola asrama Khas Asmat hingga tamat. Lalu, lanjut ke Sekolah Menengah Pertama (SMP) lagi,” katanya.

Sedangkan SMA, lanjut dia, belum dibangun. Karena masih melihat perkembangan. Bagi yang sudah tamat SMP, mereka dititipkan di SMA Yan Smith Agats. Bahkan, ada beberapa diantaranya dikirim ke salah satu SMA di Bogor.

Dijelaskan, dengan sistem pendidikan berpola asrama ini, agar anak-anak Asmat dapat melihat jati dirinya. “Ya, mungkin kedepan Asmat dimekarkan, namun secara rumpun, mereka tetap satu,” ujarnya.

Ditambahkan, untuk menyelamatkan generasi Papua terutama anak Asmat, pendidikan berpola asrama harus dijalankan. “Saya mengacu saat misionaris Katolik masuk disini dan merintis pendidikan berpola asrama, telah memberikan hasil sekarang. Dimana, banyak intelektual yang ada di birokrasi Asmat adalah dari asrama,” katanya.

Komentar Anda ?

Leave a Reply