Cara Jitu Pantau Pohon Ala Siswa SMAN 14


Sulselku – Siswa-siswi SMAN 14 Semarang mengikuti kegiatan penanaman pohon di SD Negeri Panggung Lor, Semarang. Jumlah pohon yang ditanam sebanyak 1000 pohon dari berbagai jenis pohon.

Bibitnya berasal dari Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Provinsi Jawa Tengah. Pohon tersebut ditanam 644 SMAN 14 kelas X dan XI pada 19 SDN, 3 kantor UPTD dan sejumlah kawasan pasar di wilayah Semarang utara.

Uniknya, siswa SMAN 14 ini punya cara jitu untuk memantau perkembangan pohonnya, Yakni, dengan menggunakan aplikasi yang terpasang di masing-masing smartphone mereka. Para siswa itu menuliskan nama, lokasi penanaman, jenis tanaman. Selanjutnya lewat aplikasi itu mereka juga mencantumkan posisi koordinat pohon yang mereka tanam.

Lalu mereka mengunggahnya hasil penanaman mereka ke website Dinas LHK Provinsi Jawa Tengah melalui Aplikasi Data Penanaman. Aplikasi itu sendiri bakal mempermudah siswa memantau perkembangan bibit yang mereka tanam.

“Kita bisa memantau perkembangan pohon bahkan sampai setelah para siwa sudah lulus sekalipun,” kata Ikhsan Budi Lestari, Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan SMAN 14.

Penanaman yang melibatkan aplikasi digital ini juga merupakan bagian dari pengembangan metode pembelajaran baru yang disusun oleh Dinas LHK. Juga sekaligus membuat Jawa ikut berpartisipasi dalam go green. (SYH)

Komentar Anda ?

Leave a Reply