Cara Penuhi Asupan Makanan Saat Sahur Pada Anak!

Sulselku – Tak hanya orang dewasa, anak-anak pun dianjurkan untuk berlatih berpuasa sejak dini karena akan mendatangkan manfaat bagi kesehatan dan kecerdasan di masa yang akan datang.

Melatih anak berpuasa tentu saja memiliki tantangannya tersendiri. Oleh karena itu, anak-anak tidak seharusnya dipaksa untuk berpuasa seharian penuh karena daya tahan tubuhnya belum seperti orang dewasa. Pengenalan berpuasa harus dilakukan secara bertahap dan diusahakan untuk menjadikannya terasa menyenangkan supaya anak mau dengan senang hati menjalaninya.

Dalam melatih anak berpuasa, orang tua harus mempertimbangkan kondisi dan kemampuan anak. Jika anak sedang kurang fit atau sakit, lebih baik puasa ditunda. Untuk anak yang baru memulai puasa atau usianya masih kecil, puasa dapat dilakukan secara bertahap.

Meskipun sedang berpuasa, pastikan agar anak Anda mengonsumsi cukup air. Berdasarkan angka kecukupan gizi tahun 2013 yang ditentukan oleh Kementerian Kesehatan RI, anak berusia 4-6 tahun disarankan untuk minum air putih sebanyak 1500 ml (6 gelas) per hari, anak berusia 7-9 tahun sebanyak 1900 ml (7-8 gelas) per hari, sedangkan anak berusia 10-18 tahun sebanyak 2000 ml (8 gelas) per hari.

Anak juga dapat minum jus buah, tapi disarankan untuk diminum tidak lebih dari dari 150-180 cc per hari karena kandungan gula yang tinggi.

Untuk sahur, Anda dapat memberikan makanan yang kaya akan serat, seperti sereal gandum, roti gandum, nasi merah (jika tidak terbiasa, nasi merah dapat dicampur dengan nasi putih), sayur, dan buah. Keunggulan dari makanan yang kaya akan serat dapat memberikan rasa kenyang yang lebih lama bagi anak yang ikut berpuasa.

Selain kaya akan serat, pastikan menu sahur anak juga kaya akan kandungan protein, seperti ikan, ayam, daging sapi, susu, keju, dan yoghurt.

Meskipun akan berpuasa, bukan berarti anak boleh makan makanan dalam porsi yang terlalu banyak karena hal tersebut dapat membuat perut kembung dan mual. Hindari pula makanan yang terlalu berbumbu, asam, pedas, dan minuman bersoda.

Mengajarkan anak berpuasa sejak usia dini melatih ia untuk berpuasa ditahun-tahun selanjutnya. (ASN)

Komentar Anda ?

Leave a Reply