Deng Ical: Peserta Pilkada Lebih Takut Sama Pers Ketimbang TNI-Polri

Sulselku – Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Makassar Syamsu Rizal, meraih penghargaan dari Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sulawesi Selatan (Sulsel).

Penghargaan tersebut diserahkan langsung Ketua PWI Pusat, Sasongko Tedjo kepada pria yang akrab disapa Deng Ical itu, dan disaksikan ratusan peserta gerak jalan santai dalam rangka HUT ke-72 PWI Sulsel, yang bertempat di Halaman Kantor PWI Sulawesi Selatan, Jl AP Pettarani, Makassar, Sabtu (7/4/2018).

Dalam sambutannya, Deng Ical menyampaikan ucapan terima kasih kepada PWI Sulsel, yang telah membuat acara gerak jalan santai, sekaligus dirangkaikan dengan sosialisasi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) damai.

“Jadi kalau sudah ada PWI, maka sudah selesai setengah tugas Plt Wali Kota Makassar untuk menciptakan Pilkada damai yang aman dan nyaman untuk semua,” kata Deng Ical.

Dia pun mengajak seluruh lapisan masyarakat, pemangku kepentingan dan terutama insan pers, untuk bersama-sama mengawal Pilkada serentak ini hingga selesai.

“Biasanya, peserta pilkada lebih takut kepada pers dibandingkan TNI dan Polri. Kalau polisi masih bisa mereka hadapi. Tapi kalau wartawan yang memberitakan semua kejelekan calon peserta Pilkada, pasti mereka takut. Jadi sama-samaki semua mengambil peran demi terciptanya pilkada damai,” tambahnya.

Hal senada dikatakan Ketua PWI Pusat, Sasongko Tedjo. Menurutnya, peran wartawan sangat penting dalam menciptakan pilkada damai serentak di seluruh Indonesia, terutama di Kota Makassar dan Sulawesi Selatan.

Oleh karena itu, ia meminta kepada seluruh insan pers untuk mengambil peran yang lebih aktif dalam memberikan informasi yang lengkap dan aktual kepada masyarakat.

“Jika wartawan bisa memberikan informasi yang aktual dan tepercaya, maka pasti masyarakat tidak akan mudah percaya dengan berita hoaks yang disebarkan oleh orang yang tidak bertanggung jawab,” kata dia.

Sasongko juga mengingatkan kepada seluruh wartawan media cetak, online dan elektronik, untuk tetap netral di pilkada dan menjunjung tinggi independensi sebagai wartawan profesional.

Komentar Anda ?

Leave a Reply