Fenomena Guru Honorer Ditengah Hiruk Pikuk Sertifikasi

Sulselku – Di tengah hiruk pikuk tunjangan sertifikasi, ternyata masih ada guru honorer yang berpenghasilan rendah, bahkan Rp 35.000/bulan. Persoalan kesejahteraan guru di Indonesia, khususnya guru honorer masih harus menjadi perhatian serius pemerintah.

“Imron Husain seorang guru dari Sumenep, Madura menerima honor Rp35 ribu per bulan. Atau nasib seorang guru dari NTB yang mendapatkan honor sebesar Rp50 ribu per bulan, yang pernah bersama FSGI mengadukan nasibnya ke Komisi X DPR RI,” tutur Sekretaris Jenderal Federasi Serikat Guru Indonesia (FSGI) Heru Purnomo dalam keterangan tertulisnya Rabu (2/5).

Oleh karenanya, pemerintah seharusnya dapat memberikan solusi terbaik meningkatkan kesejahteraan mereka. Solusi yang bisa dilakukan pemerintah di antaranya memberikan insentif bulanan bahkan mengangkat mereka menjadi pegawai negeri sipil, sesuai dengan kualifikasi dan peraturan.

“Padahal anggaran pendidikan nasional kita sebesar 20% APBN dan APBD sangat besar jumlahnya. Sungguh tragedi yang memalukan dan memilukan, di tengah perayaan Hari Pendidikan Nasional tahun 2018 ini,” Pungkasnya.

Komentar Anda ?

Leave a Reply