FKM Unhas Menerima Kunjungan Kadinkes Provinsi Sulsel

Sulselku.com – Sebagai upaya penajaman Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Sulawesi Selatan bidang kesehatan masyarakat (UKM), Kepala Dinas Kesehatan (kadinkes) Provinsi Sulsel, Dr.dr. Bachtiar Baso, M.Kes. yang didampingi oleh Kepala bidang (kabid) kesehatan masyarakat (Kesmas) dan sekretaris dinkes melakukan road show sekaligus melakukan kerjasama dengan Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Hasanuddin (Unhas), Senin 01 Oktober 2018.

Rombongan Dinkes di terima oleh Dekan FKM Unhas, Dr Aminuddin Syam, SKM. M.Kes., M.M.ed.Ed. dampingi oleh Ketua Prodi S3 IKM FKM Unhas, Prof.Dr.Ridwan Amiruddin, SKM, M.Kes., MSc.PH.

Dekan FKM Unhas menyampaikan bahwa FKM siap membantu asistensi dinkes dalam penyusunan hingga implementasi program-program kesmas. Model pendampingan yang dilakukan berbasis masalah kesehatan masing2-masing wilayah diseluruh kabupaten/kota.

Beberapa kesepahaman yang dirumuskan diantaranya; Workshop Perumusan indikator UKM untuk pencapaian IPM Sulsel, Percepatan peningkatan mutu SDM Kesehatan dan Pendampingan percepatan pengendalian masalah Kesehatan masyarakat (KLB, stunting, dll). Demikian beberapa point kesepahaman yang akan segera di implementasikan sesegara mungkin.

Menurut Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni FKM Unhas yang juga menangani bidang kerjasama dihubungi secara terpisah mengatakan bahwa ke dekan peran kesehatan masyarakat dan institusi kesehatan masyarakat sangat penting untuk mencegah orang untuk tidak jatuh sakit. Terbentuknya dewan kesehatan di Sulsel juga merupakan solusi untuk melihat masalah kesehatan secara komprehensif, tutupnya.

Reporter : Rafi Akase

Komentar Anda ?

Leave a Reply