Hari Ini, Pembacaan Putusan Sengketa Pilwalkot Appi-Cicu VS DIAmi


Sulselku – Hari ini, Senin, (26/02/2018), Panwaslu Kota Makassar dijadwalkan akan memutuskan sengketa pemilihan Wali Kota Makassar yang melibatkan kandidat Munafri Arifuddin – Rachmatika Dewi (Appi-Cicu) sebagai pemohon dan KPU Makassar sebagai termohon.

Keputusan akan diambil setelah melaksanakan sidang musyawarah selama enam hari dengan berbagai agenda persidangan. Termasuk, agenda mendengarkan saksi ahli terhadap dalil yang menjadi gugatan pemohon.

“Serahkan saja ke jalur hukum. Fakta-fakta sidang sudah jelas. Orang sudah lihat, masyarakat juga sudah cerdas melihat itu. Saya yakin panwaslu Makassar akan menggagalkan gugatan tersebut,” tukas Moh Ramdhan Danny Pomanto.

Sebagai petahana yang coba dijegal oleh Appi-Cicu melalui gugatan tersebut, Danny mengaku santai meski tetap waspada dengan segala kemungkinan yang terjadi. Ia pun meminta petarung yang maju di Pilwalkot ini bersikap kesatria, untuk bertarung melawan kandidat lain dan tidak mengandalkan kemenangan tanpa pertandingan.

“Saya kira gugatan ini lebih kepada spekulasi, paling tidak usaha untuk menggugurkan DIAmi telah dilakukan dengan berbagai. Saya minta marilah kita bertarung di arena. Jangan menang tanpa pertandingan,” pintanya.

Dalam gugatannya, Appi-Cicu meminta KPU Makassar mencabut penetapan paslon Moh Ramdhan Danny Pomanto – Indira Mulyasari Paramastuti Ilham (DIAmi) karena dianggap melanggar ketentuan 71 ayat 3 UU NO 10 tahun 2016 tentang larangan penggunaan program kegiatan oleh gubernur, bupati, wali kota serta penjabat yang menguntungkan atau merugikan pasangan calon.

Padahal, poin yang digugat tersebut merupakan program yang tertuang dalam rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD), artinya sudah menjadi program sejak awal pemerintahan Danny.

Komentar Anda ?

Leave a Reply