Haslinda Sosialisasi Perda Bantuan Hukum untuk Warga Miskin

Sulselku, Makassar – Anggota DPRD Makassar Haslinda Wahab menggelar sosialisasi Peraturan Daerah (Perda) No 7 Tahun 2015 tentang Penyelenggaraan Bantuan Hukum di ORW 11 Kelurahan Batua Kecamatan Manggala, Jalan Borong Raya, Makassar, Minggu (30/06/2019).

Tampil sebagai narasumber selain anggota DPRD Makassar Haslinda Wahab juga hadir Andi Misuary SH dari Lawyer Partner Justicia Law Firm, Andi Andriani SH, Sitti Fatiah SH dari Office Law Andi Andriani and Associates dan Dian Eka Lestari  SH dari Universitas Tri Sakti Jakarta.

Dihadapan ratusan peserta, salah satu pimpinan Pansus Perda Bantuan Hukum, Linda sapaan akrab Haslinda Wahab mengungkapkan Perda Penyelenggaraan Bantuan Hukum ini adalah perda paling cepat pembahasannya 11 Bulan sudah di Paripurnakan karena berharap cepat di sosialisasikan ke masyarakat Makassar.

“Perda ini hadir untuk memberi hak keadilan atau persamaan hukum bagi segala warga,” kata anggota Komisi A DPRD Kota Makassar itu.

Menurut Haslinda, Bantuan hukum merupakan upaya pemerintah agar masyarakat miskin yang tak mampu membayar pengacara dapat memilki pengacara yang didanai oleh pemerintah.

“Bantuan hukum kepada masyarakat miskin adalah tanggugjawab negara, termasuk pemerintah kota. Bantuan hukum bukan sesuatu yang kita minta-minta, tetapi merupakan tanggungjawab pemerintah terhadap masyarakat”, Tutur Haslinda kepada peserta sosialisasi.

Setelah pemaparan materi dari keempat narasumber, beberapa warga kemudian menyampaikan pertanyaan. “Kami merasa sangat terbantu dengan adanya perda bantuan hukum, terutama saat kami akan menghadapi masalah hukum, untungnya pemerintah kota Makassar memberikan solusi dengan membayar pengacara yang mahal, kira-kira dari mana mau dapat uang untuk bayar pengacara”, Tutur Pak Arifin yang merupakan salah satu warga Batua.

Komentar Anda ?

Leave a Reply