Ini Bahaya Jika Langsung Berdiri Saat Bangun Tidur

Sulselku – Banyak orang beranggapan bahwa kebiasaan langsung berdiri setelah bangun tidur bisa menyebabkan datangnya masalah kesehatan.

Pakar kesehatan dr. Aron Husink, SpJP dilansir dari doktersehat menjelaskan, bahwa saat darah mengalir di dalam pembuluh darah, akan muncul tekanan demi mengisi ruang-ruang pada pembuluh darah. Hanya saja, saat tidur malam, tekanan darah cenderung menurun.

Jika langsung berdiri saat bangun tidur, maka kondisi darah yang berupa cairan dengan tekanan masih rendah ini akan langsung tertarik oleh gaya gravitasi bumi.

Hal ini bisa membuat darah akan turun ke tubuh bagian bawah sehingga membuat orang mengalami sensasi seperti pusing atau mata berkunang-kunang.

Bagi orang yang masih dalam kondisi sehat dengan pembuluh darah dan jantung yang masih sehat, kemunculan gejala ini tidak perlu dikhawatirkan dan wajar terjadi. Hal ini disebabkan oleh kekuatan jantung yang masih baik sehingga bisa langsung menarik kembali darah ke tubuh bagian atas sehingga sensasi pusing pada kepala pun akan menghilang.

Hanya saja, bagi mereka yang memang memiliki riwayat masalah lemah jantung, sudah berusia lanjut, atau memiliki gangguan kesehatan pada pembuluh darah seperti memiliki penumpukan plak dan aterosklerosis, bisa jadi tarikan gravitasi pada darah ini akan membuat tekanan darah langsung drop dan suplai oksigen di dalam otak pun berkurang drastis. Padahal, otak sangat membutuhkan oksigen demi berfungsi dengan baik. Dalam dunia medis, kondisi ini disebut sebagai hipotensi ortostatik.

Dr. Aron mengungkapkan hal ini tidak berbahaya. Hal ini disebabkan oleh perubahan posisi tubuh dari yang semula berbaring ke posisi duduk atau berdiri. Hanya saja, dr. Aron tetap menyarankan untuk memberikan waktu bagi tubuh dan tidak langsung terburu-buru berdiri setelah bangun tidur agar kondisi ini tidak sampai terjadi.

Komentar Anda ?

Leave a Reply