Kakek 99 Tahun Pecahkan Rekor Renang 100 Meter


Sulselku – George Corones yang berasal dari Brisbane, Australia, merupakan seorang perenang yang andal ketika masih berusia muda. Akan tetapi, ia baru kembali berenang saat berusia 80 tahun.

“Saya mulai berenang lagi untuk berolahraga,” ucap Corones dikutip dari BBC, Minggu (4/3).

Corones yang kini berusia 99 tahun berupaya untuk memecahkan rekor renang gaya bebas sejauh 100 meter pada Sabtu (3/3) malam dalam sebuah acara renang resmi di Queensland, Australia. Ia berusaha untuk melewati catatan sebelumnya, yaitu 1 menit 31,19 detik dipegang oleh perenang asal Inggris, John Harrison, pada tahun 2014.

Dalam usahanya tersebut, Corones berhasil mencatatkan waktu 56,12 detik untuk kategori usia 100-104 tahun. Ia dianggap telah melampaui rekor.

Corones dianggap telah memenuhi syarat untuk dicatat dalam rekor karena ia akan berusia genap 100 tahun di bulan April mendatang. Ia mengatakan cukup bahagia dengan prestasi yang telah ia raih.

“Saya berusaha keras sampai 10 meter terakhir, saya tahu sudah lelah, tapi saya terus berlanjut tanpa adanya gangguan,” ucapnya.

Corones mengatakan saat berusaha memecahkan rekor tersebut, dia merasa seperti diliput oleh kerumunan orang di sekitar kolam renang Gold Coast. Dalam acara tersebut, ia menjadi satu-satunya peserta khusus untuk menantang rekor.

“Saya memang tak lagi muda, tapi saya yakin dapat melakukan yang terbaik untuk itu (memecahkan rekor),” kata Corones.

Diketahui, lomba yang Corones lakukan berlangsung sebelum acara Australian Swimming Trials yang akan dimulai di Golden Coast, pada bulan depan. Sementara Master Swimming Australia mengatakan, catatan waktu yang telah ditorehkan oleh Corones masih dalam proses vertifikasi resmi oleh Federasi Renang Internasional (Fina).
“Kami baru saja menyaksikan sejarah terciptanya rekor tersebut,” ucap tim renang Dolphine Australia di halaman Facebook-nya.

Komentar Anda ?

Leave a Reply