Kenali Tanda Terjadinya Gejala Stroke

Sulselku– Stroke merupakan keadaan darurat yang membutuhkan pertolongan medis secara cepat dan tepat. Ini adalah kondisi di mana terdapat gangguan neurologis akibat tersumbatnya pembuluh darah (stroke iskemik) atau pecahnya pembuluh darah (stroke hemoragik) yang berada di otak.

Otak merupakan salah satu organ vital di dalam tubuh yang berfungsi mengatur kelangsungan fungsi berbagai organ lain di tubuh. Ketika otak mengalami masalah, maka otomatis berdampak langsung pada organ-organ lainnya.

Stroke biasanya dapat ditandai dengan beberapa gejala meliputi:

1. Kelemahan pada wajah, tangan atau kaki pada satu sisi tubuh
2. Kehilangan fungsi penglihatan
3. Kehilangan kemampuan koordinasi tubuh
4. Kehilangan fungsi sensorik
5. Sakit kepala secara tiba-tiba
6. Mual dan muntah
7. Penurunan kesadaran hingga kehilangan kesadaran
8. Stroke termasuk salah satu kondisi gawat darurat medis yang sering terjadi dan mengancam nyawa. Oleh karena itu, stroke harus segera dideteksi dan ditangani dengan tepat.

Seseorang yang mengalami serangan stroke harus segera diberi pertolongan medis di rumah sakit. Hal ini perlu dilakukan agar mencegah kerusakan otak berlanjut dan meningkatkan peluang untuk pulih pada penderita.

Golden period atau periode emas penanganan awal stroke adalah tiga jam sejak stroke mulai menyerang. Penanganan segera yang dilakukan dalam periode tiga jam tersebut dapat sangat memengaruhi kualitas kesehatan penderita ke depannya.

Jika terdapat gejala-gejala di atas, maka sebaiknya segera memeriksakan diri ke rumah sakit. Cara mudah untuk mengenali gejala stroke pada orang yang terduga stroke adalah dengan mengetahui beberapa langkah deteksi awal yang dikenal sebagai FAST. (ASN)

Komentar Anda ?

Leave a Reply