Kenapa Orang Patah Hati Malas Makan? Ini Alasannya


Sulselku – Ada banyak efek yang ditimbulkan dari patah hati, mulai dari menangis, hingga bikin kita jadi malas makan. Pertanyaannya, kenapa patah hati bisa membuat nafsu makan kita berkurang?

Gert ter Horst, profesor Neurobiologi dan Direktur Pusat Neuroimagining di Rumah Sakit Universitas di Groningen, Belanda, mengatakan bahwa hilangnya cinta menimbulkan sedikit tekanan pada fisik dan psikis seseorang.

“Jadi, semua respons yang timbul akibat stres itu akan tampak setelah seseorang patah hati. Pikiran, detak jantung lebih cepat, dan tingkat kortisol serta adrenalin seseorang akan meningkat,” ujar Horst, seperti yang dikutip dari Female Network.

Lebih lanjut, dia juga menambahkan bahwa hal tersebut akan membuat seseorang jadi enggak bisa tidur, bahkan menolak makanan padahal perut sedang lapar.
Setelah patah hati, tubuh seseorang akan masuk ke dalam mode bertahan hidup.

Karenanya, aktivitas makan menjadi perhatian sekunder bagi orang yang patah hati.
Tubuh secara otomatis akan meredakan otot perut dan memungkinkan kamu bertahan dengan makanan ringan dalam waktu yang lebih lama dibanding dengan kondisi sebelum patah hati.

Secara psikologis, Leonor van der Sloot, Emotional Freedom Therapy (EFT), menjelaskan bahwa cara seseorang makan berhubungan dengan keadaan psikologis mereka. Kadar oksitosin orang yang patah hati akan menurun secara signifikan saat kita merasa sedih.

“Untuk mengatasi hal ini, beberapa orang mencoba untuk membuat mereka kembali bahagia dengan makanan manis, seperti cokelat,” tambahnya.
Itu sebabnya, jangan heran kalau orang yang patah hati sering menolak untuk makan, guys.

Komentar Anda ?

Leave a Reply