Ketahui Gejala Penyakit Lewat Warna Bibir

Sulselku – Ternyata warna bibir juga menandakan kondisi kesehatan kita, tapi ini berlaku bagi warna bibir alami bukan warna karena menggunakan lipstik atau pewarna lainnya. Berikut ulasannya:

1.Bibir berwarna merah terang

Warna merah pada bibir sebenarnya menandakan kondisi kesehatan organ hati dan limpa kita. Warna merah memang sudah menandakan kondisi kesehatan tubuh yang cukup baik. Namun jika warna merah cenderung lebih terang, bisa jadi hal ini menandakan adanya masalah kesehatan pada organ hati yang sebaiknya harus segera diperiksakan ke dokter.

2.Bibir berwarna merah tua atau kehitaman

Warna bibir merah tua atau kehitaman adalah warna bibir yang kerap kali ditemui para perokok, khususnya perokok berat. Hal ini disebabkan oleh bibir yang kerap terpapar kandungan beracun dari asap rokok. Tetapi jika anda bukan perokok namun juga memiliki warna bibir yang kehitaman, bisa jadi hal ini adalah tanda dari sistem pencernaan yang tidak bekerja dengan baik atau maksimal. Untuk mengatasinya, bisa memperbanyak asupan kaya serat dan minuman hangat.

3.Bibir berwarna merah muda

Bibir dengan warna merah muda menandakan kondisi kesehatan tubuh yang sehat. Hal ini berarti, kita bisa terus melakukan gaya hidup yang sehat untuk mempertahankan kondisi tubuh ini.

4.Bibir berwarna ungu atau kehijauan

Biasanya, bibir yang berwarna ungu disebabkan oleh kondisi tubuh yang sedang kedinginan karena suhu udara yang sedang cukup rendah. Hanya saja jika suhu udara berada dalam kondisi normal namun bibir kita terus memiliki warna keunguan, kehijauan, atau kebiruan, bisa jadi hal ini menandakan adanya masalah kesehatan pada jantung atau saluran pernafasan yang tentu sebaiknya harus segera diperiksakan ke dokter.

Tapi warna bibir ini hanya menjelaskan tentang gejala, untuk kepastian harus berdasarkan pemeriksaan dokter. (Kh)

Komentar Anda ?

Leave a Reply