Kondisi Ekonomi Global Anjlok, Ini Pesan Aryady Arsal Kepada Koperasi Syariah

Sulselku.com – Ketua Fraksi PKS DPRD Sulawesi Selatan, Ariady Arsal, menyampaikan beberapa arahan terkait solusi dalam mengatasi kendala pengembangan Koperasi Syariah,
dalam kegiatan Penguatan Kapasitas Koperasi Jasa Keuangan Syariah di Ramedo Hotel Makassar, Selasa (16/10).

“Meskipun kondisi ekonomi global kini anjlok, namun peluang untuk berkembang itu besar. Terlebih lagi bagi sistem ekonomi syariah dengan koperasi dan lembaga keuangan mikronya. Oleh karena itu, kita harus mampu mengajak lebih banyak masyarakat dari berbagai segmen untuk menjadi bagian dari Koperasi Syariah,” ungkap Ariady Arsal yang maju sebagai caleg DPR RI Dapil 1 Sulsel.

Ia juga menyampaikan, data dari Badan Pusat Statistik mengenai jumlah penduduk perempuan di Sulsel jauh lebih banyak dari jumlah penduduk laki-laki, yakni 4,4 juta banding 4,1 juta jiwa. Namun hal ini bertolak belakang dengan jumlah anggota Koperasi. Dimana anggota Koperasi jauh lebih banyak laki-laki daripada perempuan.

“Ini tugas kita bersama untuk membuat Koperasi yang merupakan amanah dari Sistem Ekonomi Kerakyatan ini menjadi menarik minat dari beragam pihak. Tidak hanya laki-laki, namun juga perempuan,” lanjutnya.

Laki-laki yang berasal dari Selayar itu, juga berbagi kisah mengenai kesuksesannya dalam mendirikan BPR di Selayar, Luwu, Pangkep hingga Ternate melalui Koperasi. Sehingga Koperasi yang ia kembangkan mampu memperoleh keuntungan dan berbagi kebermanfaatan yang lebih besar di masyarakat.

“Kedepan Koperasi Syariah harus memperhatikan mengenai manajemen yang harus lebih profesional dengan menerapkan metode inovasi menggunakan perangkat teknologi. Kunci kesuksesan pengembangan Koperasi lainnya ialah melalui perluasan jaringan dan peningkatan partisipasi anggota sehingga mampu meningkatkan sumber modal dan usaha yang ada,” jelas Ariady. (*)

Komentar Anda ?

Leave a Reply