Kue Barongko, Ibu-ibu dan Canda Ichsan Yasin Limpo

Sulselku – Selalu saja ada cerita yang tersisa dari kunjungan Ichsan Yasin Limpo saat mengunjungi daerah. Kali ini cerita itu datang dari ibu-ibu pembuat kue barongko.

Penganan khas Bugis Makassar berbahan dasar pisang. Ceritanya, Ichsan bertatap muka dengan warga Desa Bulo, Kabupaten Sidrap, Kamis (12/4/2018). Perhatian mantan Bupati Gowa dua periode itu tertuju pada sekelompok ibu-ibu. Mereka tengah sibuk mengolah adonan kue.

Ichsan datang menyapa. Diawali mengucap salam. Bak gayung bersambut. Ibu-ibu itu kompak menjawab salam Sang Punggawa. Sapaan akrab adik Syahrul Yasin Limpo ini.

Rona bahagia terpancar dari ibu-ibu itu. Ada yang terlihat memperbaiki posisi duduknya. Supaya bisa bertatapan langsung dengan Ichsan. ”Lagi buat apa bu,” sapa Ichsan dengan lembut.

“Kue pak,” jawab mereka kompak. Obrolan santai langsung mengalir. Tiba-tiba, suasana jadi riuh. Saat ibu-ibu itu kompak menunjuk salah satu rekannya.

Ternyata yang ditunjuk itu asal Kabupaten Gowa. Dia didaulat sebagai yang paling enak buatan kuenya. “Itu pak paling enak barongkonya,” seru ibu-ibu itu tertawa lepas.

Yang ditunjuk pun hanya bisa tersipu. Dilihat dari rona wajahnya. Namun bisa juga diartikan dia merasa bangga. Karena mencuri perhatian Ichsan Yasin Limpo.

“Pantasan enak kuenya. Karena orang Gowa,” puji Ichsan yang semakin membuat suasana keakraban itu begitu mencair.

Komentar Anda ?

Leave a Reply