KY Pastikan Pantau Proses Penanganan Kasus Dugaan Tipikor 4 Pimpinan DPRD Sulbar

 

Sulselku – Komisi Yudisial (KY) memastikan akan memantau dan mengawal proses penanganan kasus dugaan tindak pidana korupsi yang melibatkan 4 orang pimpinan DPRD Sulawesi Barat (Sulbar).

Juru bicara (jubir) KY, Farid Wajdi, melalui pesan Whatsapp mengatakan, terkait pelaksanaan persidangan tindak pidana korupsi mantan pimpinan DPRD Provinsi Sulbar, atas pengelolaan APBD sebesar Rp36 miliar tahun anggaran 2016, pihaknya akan memantau mulai persidangan pembuktian sampai dengan pembacaan vonis hakim.

Hal ini dilakukan karena kasus tersebut menjadi perhatian publik di Sulawesi Barat, sekaligus sebagai bentuk tanggung jawab pelaksanakan tugas sebagaimana diatur dalam Pasal 20 ayat (1) huruf a UU No. 18 Tahun 2011. “Selain itu, juga merespons permohonan pemantauan persidangan dari pihak Kajati Sulawesi Selatan,” jelasnya, Senin (13/8/2018) siang.

Dia menambahkan, dalam melaksanakan pemantauan tersebut, KY fokus pada etika hakim dalam mengelola perkara ini, baik perilaku dalam sidang maupun perilaku di luar sidang. “Jadi, bukan pada substansi perkara,” imbuhnya.

Menurutnya, tidak menutup kemungkinan KY juga akan melakukan pemantauan secara tertutup. Hal ini dilakukan jika hasil penilaian tim menyatakan perlu dilakukan pemantauan tertutup. “Apalagi mengingat metode pemantauan yang KY lakukan selama ini ada dua, yaitu pemantauan secara terbuka dan tertutup,” pungkasnya.

Komentar Anda ?

Leave a Reply