Lakukan Penjaringan di SMA 19 Makassar, Mahasiswa FKM UNHAS lakukan Penyuluhan dan Pemeriksaan Gratis

Sulselku.com, Makassar – Mahasiswa Departemen Promosi Kesehatan dan Ilmu Perilaku Fakultas Kesehatan Masyakarat Universitas Hasanuddin (PKIP FKM Unhas) melakukan kegiatan penjaringan kesehatan dan penyuluhan di Sekolah SMA 19 Makassar kelas 10 di IPA I-III dengan jumah siswa kurang lebih 90 siswa pada Jumat (21/09).

Pada Kegiatan kali ini, selain mengadakan penyuluhan tentang Bahaya asap Rokok dan Kesehatan Reproduksi, pihak puskesmas dan para mahasiswa melakukan serangkaian pemeriksaan kesehatan seperti pengukuran tinggi badan, pengukuran berat badan, pemeriksaan fisik, kulit, tekanan darah, tekanan nadi, tajam pendengaran serta penglihatan dan juga kesehatan gigi dan mulut.

Kegiatan ini pun, mendapat respon positif dari pihak sekolah karena selain dapat mengetahui kondisi kesehatan para siswa, siswa juga dapat ilmu pengetahuan mengenai Rokok.
“Bagus sekali sekaligus mengecek kondisi kesehatan anak sekolah dan bermanfaat sekali dan bagaimana menjaga kesehatan agar terhindar dri penyakit serta bagaimana cara pencegahannya , dan penyuluhan juga sangat bagus dan tepat sekali karena sekolah telah menerapkan KTR,” ungkap pak Madisam guru kimia SMA 19 Kota Makassar.

Bu Yani, sebagai pihak puskesmas yang ikut serta dalam penjaringan mengatakan bahwa kegiatan ini rutin dilakukan oleh Puskesmas tiap tahunnya dan juga melakukan penjaringan khusus kelas 1, kawasan puskesmas perumnas antang.
“Kegiatan ini kita lakukan setiap tahunnya, dan khusus untuk penjaringan kita adakan ke kelas 1, kelas 7 dan kelas 10,” ungkap bu Yani

Pak Agus, sebagai koordinator kegiatan ini mengatakan, bahwa akan ada tindak lanjut mengenai hasil penjaringan tersebut, setelah diskusi dengan lintas sektor bersama seluruh tokoh masyarakat dan perwakilan sekolah sebagai wadah untk menyampaikan saran dan unek-unek mengenai kegiatan puskesmas kemudian dilanjutkan ke pihak sekolah dan pihak sekolah sampaikan ke orang tua siswa dan juga ada pemeriksaan tindak lanjut.

Citizen Reporter : Jumriani

Komentar Anda ?

Leave a Reply