Lupa Penguncian Handphone Anda? Lakukan ini, Jangan langsung Di Reset

Sulselku – Dalam menjaga privacy, mengunci smartphone adalah suatu keharusan. Pada ponselnya, biasanya kebanyakan orang menerapkan sistem penguncian dengan beberapa cara seperti PIN, kombinasi huruf dan angka hingga sensor fingerprint.

Namun, tidak jarang beberapa pengguna yang menggunakan sistem penguncian kombinasi angka dan huruf atau PIN lupa dengan password-nya, sehingga smartphone tentu saja tidak bisa digunakan.

Tapi, tenang saja guys, ada empat cara mudah membuka password HP yang terkunci tanpa perlu Anda me-reset ulang ponsel. Berikut caranya.

1. Menggunakan Fitur Forgot Pattern
Bagi Anda yang menggunakan sistem penguncian pattern/pola yang terdapat pada Android 4.4 Kitkat atau dibawahnya, bisa menggunakan layanan fitur Forgot Pattern. Jika Anda memasukan kata sandi sebanyak 5 kali dan gagal, Anda akan mendapatkan pesan ‘Coba lagi dalam 30 detik’ nah, Anda bisa memilih forgot patern yang terletak pada bagian bawah layar ponsel.

Menggunakan layanan ini biasanya terdapat dua metode yang disediakan yakni, menjawab pertanyaan keamanan hingga masuk ke dalam google Anda.

Jika Anda memutuskan untuk memilih Google, secara otomatis sebuah pesan akan masuk ke dalam kotak masuk. Bukalah dengan menggunakan laptop atau ponsel teman Anda, melalui email tersebut, Google akan mengirimkan email dengan pola membuka kunci yang bisa Anda ubah saat itu juga.

2. Menggunakan Android Device Manager
Cara kedua bisa menggunakan Android devixe Manager. Caranya dengan menggunakan browser pada smartphone Android pada laptop atau meminjam ponsel teman untuk mengaksesnya. Kemudian pastikan Anda masuk pada akun Google yang sama setelah terhubung pada internet.

Buka link ‘Android Device manager’, disana Anda akan menemukan pilihan seperti, Deringkan, Kunci atau Hapus. Anda bisa memilih Kunci atau Lock. Namun, jika pada layanan Android Device Manager tidak dapat menemukan perangkat Anda, bisa dengan klik tombol refresh selama beberapa kali. Kemudian Anda akan diminta untuk memasukkan kata sandi baru, mengganti pola, atau PIN. Ketik password baru sebanyak dua kali untuk mengonfirmasi lalu diikuti dengan tombol lock. Tunggu sekitar 5 menit, Anda akan bisa membuka kembali smartphone Anda

3. Find My Mobile untuk perangkat Samsung
Jika menggunakan perangkat Samsung, maka Anda juga dapat menggunakan layanan Find My Mobile untuk membuka kunci perangkat dari jarak jauh. Fitur ini dapat diakses dari jarak jauh dan melakukan berbagai operasi yang dapat dilakukan pada perangkat.

Caranya buka link ‘Find Mobile’ melalui laptop atau ponsel teman, kemudian login ke akun Samsung. Jika Anda belum pernah melakukan pengaturan pada akun Samsung, metode ini tentu tidak bisa dijalankan. Jika Anda berhasil login, lanjutkan dengan klik tombol lock my screen yang terdapat di panel sebelah kiri ponsel. Dari situ anda bisa memasukkan PIN baru kemudian pilih tombol lock. Tidak sampai 5 menit, sandi akan diubah ke PIN baru dan anda bisa membuka kunci perangkat dengan menggunakan PIN baru tersebut.

4. Factory Reset
Jika semua cara yang sudah dilakukan tidak dapat berfungsi, maka Anda dapat memilih untuk mengembalikan perangkat ke setelan pabrik atau Factory Reset. Meskipun ini akan membuka kunci perangkat Anda, tapi akan menghapus konten dan pengaturan yang tersimpan di ponsel dan Anda harus merelakan semua data. Untuk mengetahui cara masuk ke ponsel Android yang terkunci, ikuti langkah-langkah berikut.

Matikan perangkat Anda dengan menekan tombol Daya.Sekarang, Anda perlu memasukkan perangkat ke mode pemulihan. Ini dapat dilakukan dengan menerapkan kombinasi tombol yang benar, yang dapat berbeda dari satu perangkat ke perangkat lainnya.

Setelah ponsel memasuki mode pemulihan, Anda dapat menavigasi dengan tombol Volume naik dan turun dan menggunakan tombol Daya untuk membuat pilihan. Pilih opsi “hapus data / setel ulang pabrik” kemudian konfirmasikan pilihan Anda dengan memilih opsi “Ya”. Tunggu beberapa saat karena ponsel Anda akan dihidupkan ulang dengan pengaturan pabrik.

Komentar Anda ?

Leave a Reply