Pesan Untuk Pengantin

images-1

Oleh: Abdul Rauf, Lc (Pengurus IKADI Sulsel)

Saudaraku, sejak hari ini status Anda telah berubah. Dengan adanya ikatan suci lahir batin antara Anda dan pasangan Anda. Dengan ikatan itu menjadi pasti pula tanggungjawab berumah tangga ada di pundakmu. Tanggung jawab tersebut tidak hanya akan dipertanggung jawabkan di hadapan istri, orang tua dan mertua anda serta masyarakat. Hal tersebut juga harus Anda pertanggung jawabkan di hadapan Allah SWT kelak di akhirat.
Oleh karena itu camkanlah beberapa pesan ini semoga bermanfaat bagimu dalam mengarungi samudera kehidupan dengan bahtera rumah tangga kelak.

Pertama, ingatlah selalu bahwa berumah tangga itu bagi seorang muslim adalah bagian dari ibadah kita kepada Allah. Dengan demikian, rumah tangga dapat menjadi ladang pahala bagi suami istri jika dilaksanakan sesuai dengan syariat Islam.

Kedua, berusahalah untuk memahami sejak awal bahwa tanggungjawab membina keluarga adalah tanggungjawab bersama dan seimbang antara suami dan istri secara bersama-sama. Di dalamnya ada hak dan kewajiban. Suami istri harus selalu saling membantu dalam menunaikan tanggungjawab dan kewajiban tersebut. Dalam menunaikan kewajiban dan tanggungjawab ini, komunikasi yang baik menjadi kunci suksesnya. Bicarakan dengan pasangan Anda setiap problem rumah tangga dengan kepala dingin dan hati yang bersih.

Ketiga, berusahalah memahami hakekat dan tujuan perkawinan karena dengan memahami keduanya Anda berdua bisa lebih terarah dan tidak mudah diombang ambingkan oleh badai rumah tangga yang pasti datang menerpa. Orang yang memahami bahwa salah satu hakikat perkawinan adalah menyatukan dua insan yang berbeda, maka ia tidak mudah berputus asa ketika berbenturan dengan masalah berkaitan dengan pebedaan itu; selera, pendapat, sudut pandang tentang suatu hal, misalnya. Orang yang memahami tujuan perkawinan bahwa ini adalah kesempatan memperbanyak amal shaleh melalui keluarga dan anak keturunan, akan senantiasa berbuat yang terbaik untuk rumah tangganya.

Keempat, pandai-pandailah membentengi rumah tangga Anda dengan cemburu yang proporsianal. Cemburulah ketika istri Anda memuji seorang pria atau ketika suami memuji seorang wanita lain. Cemburulah ketika seorang memasuki rumah Anda tanpa ijin apalagi tanpa sepengetahuan Anda.

Kelima, karena pernikahan adalah sesuatu yang suci dan sakral, senantiasalah bermohon kepada Allah SWT agar memberkati Anda dan membantu Anda dalam memperoleh keluarga yang sakinah mawaddah warahmah. Selamat berbahagia, semoga perkawinan Anda langgeng dunia akhirat.

Komentar Anda ?

Leave a Reply