Prof Musafir : Saya Kagum Melihat Al Azhar Ini

Sulselku – Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Al Azhar Gowa menggelar kuliah umum dengan menghadirkan pembicara yang merupakan Koordinator Perguruan Tinggi Agama Islam Swasta (Kopertais) wilayah VIII Sulampua, Prof Musafir yang mengangkat tema “Islam dan Ke-Indonesiaan” di Aula STAI Al Azhar Gowa, Senin (18/02) pagi.

Guru Besar Sosiologi Agama UIN Alauddin Makassar tersebut mengkaji Islam dalam perspektif ke-Indonesiaan.

“Pertama, gejala spiritualisme agama di tengah-tengah masyarakat, yang mulanya merupakan spiritualisme individual menjadi spiritualisme komunal. Kedua, menurutnya Komoditisasi/Komersialisasi Agama, munculnya semangat bisnis dengan mengangkat ikon agama, atau mencari lahan bisnis dalam agama, seperti bisnis Umrah dan haji. Ketiga Politisasi Agama, menjadikan agama sebagai instrumen politik, meski dalam Islam, tidak ada larangan bagi ulama untuk berpolitik.” Ujarnya

Selain itu, Prof Musafir juga mengungkapkan rasa kagumnya kepada STAI Al Azhar Gowa. Menurutnya, STAI Al Azhar Gowa punya sesuatu yang tidak dimiliki oleh kampus lain.

“Saya kagum melihat Al Azhar ini. Karena apa yang kita dapatkan ditempat ini, tidak ada ditempat lain” ujar Profesor di bidang Sosiologi Agama tersebut.

Kuliah umum tersebut juga dihadiri oleh Ketua Yayasan Al Azhar Makassar, Mujetaba Mustafa, ketua STAI Al Azhar Gowa, Abdul Rahman Sakka, dosen, staf, dan seluruh mahasiswa STAI Al Azhar Gowa.

Komentar Anda ?

Leave a Reply