Sering Lidah Tergigit? Ini Penyebabnya!

Sulselku – Lidah Yang tergigit pada umumnya ini adalah hal yang normal. Kejadian lidah tergigit biasanya terjadi saat makan, berbicara, maupun saat tidur. Namun, jika Hal ini lebih sering Terjadi maka anda perlu mengetahui Penyebabnya

Berikut ini adalah beberapa penyebab lidah seseorang tergigit:

1. Terjadi pembesaran lidah

Lidah tergigit juga sering terjadi karena pembesaran pasif lidah akibat hilangnya beberapa gigi bawah dan tidak diganti dengan gigi tiruan. Pembesaran lidah ini dapat Anda cermati saat lidah pada posisi istirahat. Sebagian lidah akan menutupi sebagian permukaan gigi bawah. Oleh karena itu, pada saat mengunyah atau berbicara, bagian tepi lidah biasanya akan sering tergigit.

2. Bruxism dan gangguan tidur

Ketika lidah sering tergigit saat tidur, salah satu penyebabnya adalah bruxism. Bruxism adalah kondisi seseorang yang sering kali menggemeretakkan, menekan, atau menggesekkan giginya ke atas dan ke bawah maupun ke kanan dan kiri secara tidak sadar. Saat seseorang melakukan kebiasaan ini, tak jarang lidah jadi ikut tergigit.

Orang yang mengalami bruxism juga sering disertai gangguan tidur sleep apnea. Dalam kondisi tersebut, pernapasan sering berhenti selama tidur. Akibatnya, organ tubuh, terutama otak, tidak mendapat oksigen yang cukup. Kualitas tidur menjadi buruk, sehingga membuat pasien merasa lelah keesokan harinya.

Dalam keadaan ini, lidah pada kondisi yang relaks dan lemas dapat “tergelincir” ke permukaan gigi dan menyebabkan lidahnya tergigit. Kondisi lain yang juga sering menyertainya adalah kebiasaan mendengkur. Apabila keluhan sleep apnea dapat diatasi, maka lidah tergigit juga dapat berkurang atau berhenti.

3. Kejang pada malam hari

Kondisi kejang pada malam hari juga dapat menyebabkan sering tergigitnya lidah saat tidur. Biasanya, bagian yang tergigit adalah bagian tepi samping lidah. Pada kondisi ini, penderita akan mengalami gerakan menyentak-nyentak dan otot-ototnya menjadi kaku. Kondisi ini hanya terjadi pada malam hari, sehingga agak sulit untuk menegakkan diagnosis penyebab lidah tergigit tersebut. Salah satu cara adalah dengan mengamati pola gelombang otak. Untuk mengatasi keluhan ini, biasanya dokter akan memberikan resep obat. Jika pengobatan tersebut efektif, lidah tergigit pun akan berhenti.

4. Gangguan pergerakan ritmik

Gangguan pergerakan ritmik merupakan gangguan saraf yang terjadi pada anak-anak. Gangguan ini melibatkan gerakan yang berulang-ulang pada kepala dan leher, berlangsung tidak disadar. Biasanya terjadi sebelum dan ketika tidur, dan bisa berlangsung hingga 15 menit. Walaupun tidak selalu menyebabkan cedera, tapi bila kondisi ini terjadi cukup berat dapat melukai dan membuat lidah tergigit. Bahkan bisa sampai menyebabkan kerusakan pada otak dan mata.

5. Penyakit Lyme

Lidah sering tergigit juga bisa disebabkan oleh penyakit Lyme. Penyakit ini memengaruhi otak dan sistem saraf. Otak yang tidak berfungsi dengan normal mengirimkan sinyal yang salah kepada otot dan saraf, akibatnya akibatnya muncul gerakan tanpa sadar saat orang tersebut tidur. Salah satu akibat dari gerakan ini adalah lidah tergigit.

6. Penggunaan antidepresan

Pemakaian obat antidepresan dapat menimbulkan reaksi seperti lidah tergigit saat tidur. Namun, keluhan ini dapat dihentikan bila obat tersebut diganti atau berhenti dikonsumsi.

7.  Gigi tiruan yang tidak pas

Pemakaian gigi tiruan yang tidak pas juga bisa menyebabkan lidah tergigit saat tidur.

Bila keluhan lidah tergigit yang Anda rasakan mulai terjadi berulang kali, apalagi jika terjadi tanpa disadari, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter agar dapat diketahui penyebabnya dan dapat dilakukan perawatan yang tepat untuk menyembuhkannya. Semoga Bermanfaat. (ASN)

Komentar Anda ?

Leave a Reply