Sering Mual Saat Puasa dipagi Hari? Atasi dengan Cara Ini!

 

Sulselku – Saat bwrpuasa anda sering mengalami Keluhan mual di pagi hari. Pada dasarnya ada Banyak penyebab yang mengakibatkan seseorang mengalami gangguan mual di pagi hari, diantaranya adalah:

1. Kehamilan (pada wanita)
2. Kadar gula daran yang rendah
3. Gangguan pencernaan baik di lambung atau usus: Gastritis, GERD (Gastroesophageal Reflux Disease), Irritable Bowel Syndrome (IBS)
4. Gangguan psikologis seperti stress, depresi.

Jika memang sebelumnya Anda sudah pernah terdiagnosa memiliki penyakit maag. Maka disarankan agar Anda harus melakukan perubahan pola hidup seperti jangan sampai telat makan/usahakan makan teratur,makan sedikit-sedikit tetapi sering,hindari konsumsi makanan pedas,asam,alkohol,rokok,kafein dan hindari stress. Selain itu, sebaiknya menghindari konsumsi makanan-makanan asam, pedas, kopi, alkohol, merokok dan hal-hal lain yang dapat  merangsang asam lambung.

Untuk itu, Berikut adalah kiat-kiat agar lambung tetap sehat saat berpuasa:

1.Wajib makan sahur.
Makan sahur adalah hal yang wajib bagi penderita maag yang ingin berpuasa, dikarenakan makan sahur dapat menyiapkan energi selama berpuasa dan mencegah lambung dalam keadaan kosong. Jangan lupa juga untuk mengonsumsi obat maag golongan antasida, proton pump inhibitor (PPI), atau H2 antagonis.

2.Jangan tidur setelah sahur dan perbanyak makan serat. Hindarilah tidur setelah sahur, karena dapat meningkatkan sekresi asam lambung. Keadaan tersebut akan membuat proses pencernaan berjalan menjadi lebih lambat dan menyebabkan perasaan lapar saat bangun tidur. Selain itu, perbanyaklah makan serat saat sahur, karena dapat membuat Anda tidak cepat lapar.

3.Segera berbuka. Saat berbuka puasa segeralah minum minuman yang hangat dan manis, lalu bisa dilanjutkan dengan makan makanan ringan yang manis seperti kurma. Makan dan minum minuman yang manis dapat menormalkan kadar gula dalam tubuh setelah berpuasa seharian dan makanan yang manis tersebut akan mudah diserap oleh tubuh.
Makan secukupnya. Sebaiknya Anda makan dengan secukupnya, agar tidak terjadi peregangan dinding lambung yang berlebihan sehingga lambung dapat berkontraksi dengan rileks. Selain itu, saat berbuka jangan langsung makan dengan porsi besar, yaitu nasi beserta lauk pauk. Berbukalah dengan makanan kecil terlebih dahulu, makan besar bisa dilakukan satu jam setelah berbuka. Hal tersebut dilakukan agar kadar gula dalam darah dan cairan tubuh kembali ke posisi normal.

4.Hindari stres. Jika Anda stress, maka akan memacu metabolisme sehingga asam lambung akan meningkat dan hal ini bisa menyebabkan kerusakan pada dinding lambung. Stres saat bulan puasa dapat dihindari dengan banyak melakukan kegiatan yang bermanfaat.

5.Minum obat teratur. Saat puasa jadwal untuk minum obat menjadi berubah. Obat maag dapat diminum saat sahur, berbuka puasa, dan tengah malam sebelum tidur.

Jika keluhan dirasakan sangat menganggu maka segerakan diri Anda untuk melakukan konsultasi langsung dengan dokter.  Semoga bermanfaat. (ASN)

Komentar Anda ?

Leave a Reply