Sering Tertawa Terbahak? Waspadai Cedera Rahang

Sulselku- Tertawa boleh-boleh saja tapi kita harus ingat bahwa kita tidak boleh berlebihan. Sebaik-baik perkara adalah yang sederhana dan pertengahan. Dalam Ilmu Kedokteran menjelaskan bahwa,tertawa terbahak bisa menyebabkan cedera pada rahang, sebab Rahang adalah struktur  tulang yang berada di sekitar mulut dan gigi, di mana tulang tersebut akan bergerak naik dan turun di saat melakukan gerakan mengunyah.

Bagian teratas dari rahang disebut rahang atas dan bagian terbawah disebut rahang bawah. Hanya rahang bagian bawah saja yang dapat berpindah atau bergeser. Kedua bagian rahang tersebut saling dihubungkan dengan engsel di dalam tengkorak . Engsel ini terletak di depan telinga (Engsel Temporomandibular), dan merupakan sambungan otot yang kuat dari rahang tengkorak .

Keretakan atau bergesernya rahang merupakan cedera yang biasa terjadi. Bergesernya rahang dapat diartikan bahwa rahang bawah telah bergeser dari posisi awalnya ( posisi normal ) dan bisa terjadi hanya pada salah satu engsel saja atau dialami oleh kedua engsel tersebut (kiri dan kanan). Sedangkan patah atau retak pada rahang dapat diartikan bahwa terdapat keretakan atau patah pada tulang rahang .

Keretakan atau bergesernya rahang biasanya seperti tertawa terbahak-bahak atau menguap yang terlalu lebar.

Gejala – gejala bila mengalami keretakan atau bergesernya rahang antara lain :

1.Terasa nyeri pada rahang disaat mengunyah atau mengigit

2.Rahang terasa kaku

3.Kesulitan membuka mulut dengan lebar

4.Bengkak atau terjadi perubahan yang tidak normal pada pipi atau rahang

5.Mati rasa terutama dibagian bawah bibir

6.Wajah membengkak

7.Wajah menjadi memar

8.Kerusakan atau gangguan pada gigi. (Lt)

Komentar Anda ?

Leave a Reply