Stop Melarang Anak Main HP dengan Cara Menakutinya! Ini Dampak Buruknya

Sulselku – Kecanduan gadget pada anak adalah masalah besar, makanya orang tua yang melakukan banyak cara agar anaknya berhenti main gadget, mulai dari cara yang biasa saja sampai cara yang tergolong ekstrem bagi anak.

Belakangan ini lagi viral cara ekstrem memaksa anak berhenti main HP dengan cara menakut-nakutinya, cara itupun banyak ditiru oleh orang tua dan ternyata memang banyak yang berhasil. Namun tidak sedikit ornag tua yang menentang hal tersebut, menurutnya itu adalah cara yang berbahaya bagi anak.

Nessi Purnomo, seorang psikolog dari Rumah Sakit Panti Rapih Yogyakarta berkomentar mengenai trik ini. “Kita tidak tahu apa efek jangka panjangnya bagi anak bila cara ini diterapkan di rumah. Memang, ini bisa dibilang jalan pintas untuk mengatasi agar anak tidak kecanduan main handphone lagi. Tapi menurut saya, gambar menyeramkan yang menakut-nakuti bisa membuat anak-anak trauma,” kata Nessi.

Lebih lanjut Nessi menambahkan bahwa saat anak sudah trauma, setiap kali ia melihat HP, asosiasi mereka, itu adalah barang menakutkan. “Jadi, saya tidak setuju dengan cara ini. Kebiasaan menakut-nakuti anak untuk tujuan apapun, menurut saya efeknya tidak baik bagi anak. Masih ada kok cara lain yang lebih efektif untuk mengatasi masalah ini.”

Menurutnya beberapa cara yang bisa dilakukan adalah dengan cara membatasi waktu penggunaan, beri jadwal, jangan berikan akses penuh, tetapkan wilayah-wilayah bebas gadget, ajarkan anaknya menahan diri dan yang terpenting orang tua harus menjadi contoh yang baik. (MN)

 

Komentar Anda ?

Leave a Reply