Sulit Bangun Sahur Saat Puasa? Lakukan Cara Ini!

Sulselku – Saat Jam dinding telah menunjukan waktu untuk melaksanakan sahur terkadang anda sangat sulit bangun dan terlebih mengabaikan waktu tersebut. Anda mungkin berusaha membuka mata agar bisa bangun. Tapi, lagi-lagi rasa ngantuk menguasai diri anda.

Untuk itu, berikut ini adalah cara-cara yang dapat Anda coba agar lebih mudah bangun saat sahur:

1. Tidur lebih awal

Cara termudah agar bisa bangun sahur tepat waktu adalah tidur lebih awal pada malam harinya. Dengan begini, saat Anda bangun untuk sahur, tubuh pun sudah lebih siap karena telah mendapatkan istirahat yang cukup. Supaya lebih cepat terlelap, sebisa mungkin minimalkan bising atau cahaya yang terlalu terang di dalam kamar. Ruangan yang sejuk dan bersih juga berperan dalam mengatur mood tidur.

2. Pasang alarm

Sering pasang alarm, tapi segera dimatikan setelah berbunyi? Coba pasang alarm dengan nada yang sama dengan nada panggilan masuk. Karena orang biasanya akan lebih mudah terbangun oleh bunyi panggilan masuk dibandingkan dengan alarm. Satu lagi, letakkan alarm pada jarak yang agak jauh sehingga Anda terpaksa bangkit untuk mematikannya.

3. Hindari kafein dan gula sebelum tidur

Tak hanya kopi, teh dan soda juga memiliki kafein yang bisa membuat Anda terjaga. Sebaiknya Anda tidak mengonsumsi semua jenis minuman berkafein ini sebelum tidur. Anda juga perlu menjaga diri dari makanan yang manis-manis sebelum terlelap, karena jika terlalu banyak malah dapat membuat tidur kurang nyenyak.

4. Olahraga

Olahraga yang dilakukan dengan tepat dapat membuat tidur lebih nyenyak. Pilihlah latihan fisik yang berintensitas ringan, seperti joging kecil, yoga, bersepeda, taici, dan berenang. Anda dapat berolahraga 30 menit sebelum beduk, atau pada malam hari asalkan tidak mendekati jam tidur. Jika jamnya terlalu berapit dengan waktu tidur, bisa-bisa Anda jadi sulit terlelap.

5. Minta dibangunkan

Terkadang, satu-satunya cara agar Anda lebih mudah bangun sahur adalah dengan minta dibangunkan orang lain. Pesankan orang tersebut untuk membangunkan Anda dengan cara apa pun sampai bangun. Biasanya orang akan lebih cepat menyahut jika dibangunkan orang lain. Tentunya ada perasaan segan atau tidak enak hati jika mengabaikannya.

6. Niat

Dari sekian cara di atas, niat mungkin adalah hal yang paling penting. Karena segala usaha yang dilakukan tanpa tekad yang kuat, jatuhnya akan sama saja. Jadi pasanglah niat untuk bangun lebih awal sehingga otomatis Anda akan bangun dengan sendirinya saat sahur nanti.

Perlu diingat, Saat Sahur, Mengonsumsi makanan yang kurang serat dan tinggi gula malah akan membuat tubuh mudah lapar dan lemas. Menyantap makanan dalam porsi besar juga tidak membantu karena dapat membebani perut. Lalu, jangan langsung buru-buru tidur usai sahur dan pastikan Anda memenuhi kebutuhan cairan tubuh dengan baik. Dua gelas air putih saat sahur sebenarnya sudah cukup. lakukan sahur dengan tepat waktu dan cerdas agar puasa jadi lancar. Semoga bermanfaat. (ASN)

Komentar Anda ?

Leave a Reply