Tips Agar Masakan Daging Sapi dan Kambing Tidak Keras

Sulselku – Idul adha atau Idul Qurban bisa dikatakan sebagai musim daging sapi dan kambing untuk beberapa hari, karena pada saat itu umat Islam dianjurkan untuk berkurban. Nah bagi ayah bunda yang hobi masak perlu mengetahui tips ini, agar masakan daging sapi dan kambing anda tidak keras.

Nah berikut tips yang perlu anda coba:

Nenas

Buah yang mempunyai mahkota ini tidak hanya manis dan enak untuk disantap, ternyata nenas juga bermanfaat untuk membuat daging menjadi lunak. Caranya parut nenas lalu lumuri daging dengan nenas dan diamkan beberapa saat, setelah itu masak daging seperti biasa.

Kopi

Kopi tidak hanya enak untuk diseruput, ternyata bubuk kopi yang harum itu juga bermanfaat untuk menjadikan daging sapi dan kambing lebih empuk. Caranya cukup rendam daging dalam air kopi selama 24 jam. Selain daging lebih empuk, aroma daging yang dimasak pun menjadi lebih sedap jika direndam dengan kopi.

Teh

Tidak hanya kopi, teh juga dapat membantu melunakkan daging yang akan kamu masak. Seduh teh hitam yang sangat kental dan pekat. Kemudian, rendam daging di dalam teh sembari dipijat-pijat agar air tehnya meresap ke dalam pori-pori daging. Diamkan daging di dalam air teh selama beberapa menit, angkat dan tiriskan daging. Kemudian masak daging seperti biasa.

Jahe

Di Sulawesi Selatan, rempah ini jadi rempah andalah karena bisa membuat suasana jadi hangat, yah bisa diolah menjadi minuman khas Sulsel yang menghangatkan, yaitu Sarabba. Ternyata jahe juga bisa membuat daging jadi lunak, Caranya, kupas kulit jahe dan parut hingga halus. Lumuri daging dengan parutan jahe selama 15 – 30 menit sebelum memasak daging. Enzim proteolitik alami yang berada di dalam jahe dapat menguraikan ikatan protein daging sehingga tekstur daging jadi lebih empuk.

Nah itulah beberapa tips agar olahan daging sapi dan kambing tidak keras, masaklah dengan cinta agar yang menikmatinya tambah sayang.

 

 

Komentar Anda ?

Leave a Reply