Tips Menjaga Kesehatan dan Kencantikan Ramput di Musim Panas

Sulselku – Walau terkadang masih suka turun hujan, tidak bisa disangkal bahwa akhir-akhir ini cuaca yang ada di Jakarta dan sekitarnya terasa sangat terik.

Dalam keadaan musim panas dengan sinar matahari yang sangat terik ini pada dasarnya tidak hanya sistem imunitas tubuh dan juga kulit yang harus dijaga, tetapi juga kesehatan dan kecantikan rambut. Mengingat rambut adalah juga termasuk bagian tubuh yang terkena paparan sinar matahari langsung pertama kali.

Siapa sih yang tidak akan merasa sebal jika melakukan kegiatan sehari-hari dengan kondisi rambut yang kusut, kering, dan kaku? Nah, agar hal ini tidak dialami, ada sederet cara mudah yang bisa jadi tips untuk menjaga kesehatan dan kecantikan rambut di musim panas ini. Seperti apa? Melansir Boldsky, Selasa (3/4/2018) berikut di bawah ini uraiannya.

Berhenti menggunakan produk styling rambut bersuhu panas

Panas dari paparan sinar matahari saja sudah bisa merusak rambut, jangan perparah keadaan dengan pemakaian produk styling rambut bersuhu panas contohnya hair dryers. Alih-alih menggunakan blow dryers dengan setelan panas, gunakan blow dryers dingin. Begitu juga saat keramas, hindari pemakaian air panas untuk mencuci rambut.

Rutin memangkas rambut

Memangkas rambut di sini ialah rajin merapikan ujung-ujung rambut. Ketika musim panas, ujung-ujung rambut lebih berpeluang untuk bercabang lebih cepat. Well, ujung rambut yang bercabang ini sendiri bisa membuat tampilan rambut tampak kusam dan rusak. Trimming rambut sekali setiap 4 hingga 6 bulan sekali sebagai upaya pencegahan rambut bercabang.

Beri proteksi tambahan

Saat beraktivitas keluar rumah, disarankan sebaiknya jangan lupa untuk memberikan proteksi tambahan bagi rambut. Contohnya dengan pemakaian scarf, bandana, atau bahkan topi, yang bisa jadi ‘dinding’ tidak hanya dari paparan sinar matahari tapi juga polusi udara.

Jangan keramas setiap hari

Keramas tiap hari membuat rambut jadi lebih bersih dan sehat adalah mitos semata. Faktanya, ketika akar rambut dicuci setiap hari maka akan membuat kulit kepala akan jadi lebih berminyak. Maka dari itu, cukup keramas maksimal tiga kali dalam sepekan agar akar rambut sehat terutama di musim panas seperti sekarang. Selamat mencoba!

Komentar Anda ?

Leave a Reply