Tokoh Adat Toraja : KTP Tidak Bisa Dibawa ke Jakarta Hasilkan Kebijakan

Sulselku – Tokoh masyarakat sekaligus Ketua Adat Toraja, Tomina Puang Barumbung, menegaskan dukungannya untuk Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sulsel, Nurdin Halid-Aziz Qahhar Mudzakkar (NH-Aziz). Hal itu disampaikan Puang Barumbung di hadapan 10 ribu masyarakat Toraja di Tongkonan To’deata, saat kampanye tatap muka dan dialogis, Sabtu (7/4).

Puang Barumbun mengungkapkan dukungan terhadap NH-Aziz lahir setelah melihat gagasan dan program yang pro-rakyat. Tidak kalah penting, pasangan nomor urut satu memiliki jaringan yang sangat luas di pentas nasional dan internasional. Bersama NH-Aziz, ia meyakini pembangunan Bandara Buntu Kunyi bisa dituntaskan. Begitu pula dengan infrastruktur jalan di Toraja.

Keunggulan NH-Aziz, Puang Barumbun menyebut karena pasangan ini memiliki banyak pasukan di DPR RI maupun DPRD kabupaten/kota. Duet tokoh nasional itu pun memiliki kedekatan dengan menteri. Olehnya itu, tidak sulit untuk membangun infrastruktur, termasuk Bandara Buntu Kunyi dengan bantuan NH-Aziz melalui legislator di pusat dan di daerah.

“Kalau mau pembangunan bandara (Buntu Kunyi) dipercepat, ya idealnya pilih nomor satu. Jangan yang lain karena hanya NH-Aziz yang bisa menuntaskan bandara selesai,” ujar Puang Barumbun yang disambut tepuk tangan 10 ribu masyarakat Toraja.

“NH selaku elite DPP Golkar punya pasukan di DPR RI. Punya banyak kursi, bisa membantu untuk melobi agar pembangunan bisa cepat direalisasikan. Nah, kalau nomor (kandidat) lain yang klaim bawa 10 kontainer KTP, kalau pun dibawa ke DPR, itu KTP bisa apa? Tidak mungkin dipakai melobi,” sambung dia.

Ketua DPD II Golkar sekaligus Wakil Bupati Toraja, Victor Datuan Batara, mengungkapkan NH telah banyak membantu pembangunan di Toraja. Hanya memang publik tidak mengetahui dan NH tidak mau mengumbarnya. “Kalau mau tahu, yang perjuangkan kelanjutan Bandara Buntu Kunyi itu Pak NH melalui legislator-legislator,” ujarnya.

Victor pun menyampaikan kelanjutan pembangunan Bandara Bunti Kunyi dipastikan berlangsung tahun ini berkat bantuan perjuangan NH. Tidak cuma itu, NH juga memperjuangkan pembangunan infrastruktur jalan hingga ke pelosok Toraja. “Kami banyak terbantu berkat perjuangan beliau. Makanya, sudah seharusnya masyarakat Toraja memilih NH-Aziz karena yakin Toraja dan Sulsel akan lebih sejahtera,” pungkasnya.

Komentar Anda ?

Leave a Reply