Untuk Memperkuat Revitalisasi, Bank Mandiri Menabur 600 Ribu Benih Udang Sebagai Simbolis

Sulselku – Bank Mandiri menabur 600 ribu benih udang untuk memperkuat revitalisasi lahan tambak rakyat di Muara Gembong, Kabupaten Bekasi Jawa Barat. Secara simbolis penaburan benih udang dilakukan oleh Menteri BUMN Rini Soemarno, didampingi oleh Direktur Utama Bank Mandiri Kartika Wirjoatmodjo serta petambak udang Muara Gembong, Bekasi, Selasa (17/4/2018).

Menurut Kartika Wirjoatmodjo, optimalisasi lahan tambak Muara Gembong ini diarahkan untuk pengembangan budi daya udang intensif, budi daya polikultur, dan pengembangan silvofishery atau integrasi budi daya ikan (70%) dengan mangrove (40%) dengan metode semi intensif. Sebanyak 600 ribu benih udang ditaburkan di area tambak Cluster I pada petak 2B dan 3A dengan jenis udang adalah udang vaname.

“Kami ingin program ini dapat benar-benar meningkatkan taraf hidup masyarakat sekitar sehingga upaya pemerintah dalam melakukan pemerataan ekonomi dapat terealisasi,” kata Kartika dalam acara tersebut.

Selain menabur benih udang, Bank Mandiri juga memperbaiki infrastruktur pendukung, seperti jalan, saung, menara pantau, kincir air fishery, pompa air, genset, rumah genset, dan tempat penampungan hasil tambak.

Pada pengembangan program ini, Bank Mandiri bersinergi dengan Perhutani dan Perikanan Indonesia. Perhutani menyediakan lahan area tambak, Bank Mandiri mendukung pendanaan dan bertindak sebagai bank penyalur Kredit Usaha Rakyat (KUR) bagi petani tambak dan Perum Perindo sebagai off taker hasil produksi panen.

Selain itu, Bank Mandiri juga mendukung implementasikan program Padat Karya Tunai yang dicanangkan pemerintah untuk pemberdayaan masyarakat desa.

Sebanyak 200 warga terlibat dalam kegiatan ini yang antara lain melakukan perbaikan saluran irigasi, penataan jalan, dan perbaikan Madrasah Nurul Komar.

Secara simbolis Menteri Rini juga memberikan bantuan perbaikan (renovasi) rumah warga, termasuk bantuan bagi 7 Guru di SDN Pantai Bahagia 01, Muara Gembong. (SYQ)

Komentar Anda ?

Related posts

Leave a Comment