Wizphone! Ponsel Lokal Yang Memiliki Asisten Google

Sulselku – Google telah memperkenalkan sebuah ponsel lokal, Wizphone, yang telah terpasang aplikasi Asisten Google. WizPhone adalah ponsel buatan Indonesia dengan menggunakan sistem operasi KaiOS. Sistem operasi tersebut sangat ringan dan tetap bisa memasang aplikasi dan layanan Google.

“Kami senang dapat memperkenalkan feature phone (ponsel dengan kemampuan terbatas). Wizphone telah terpasang Google Assistant secara otomatis dan menggunakan sistem operasi KaiOS,” kata Vice President of Engineering Google Assistant, Scott Huffman saat sesi keynote Google For Indonesia di Ciputra Artprenuer, Jakarta, Selasa (4/12).

WizPhone akan segera diluncurkan. Namun, Scott tidak menyebutkan tanggal pastinya. Menariknya, ponsel mungil ini akan dipasarkan di toko-toko Alfamart di seluruh Indonesia dengan harga hanya Rp 99 ribu.

Dalam mengakses aplikasi Asisten Google, pengguna cukup menekan tombol dengan ikon suara di tengah beberapa detik saja. Setelah itu pengguna dapat memerintahkan sang asisten untuk mengirim pesan, memutar video atau melihat peta melalui suara. Dalam ponsel ini juga telah terpasang aplikasi Google Maps, Youtube, Google Go dan Twitter. Scott menilai, dengan terpasangnya aplikasi Asisten Google ini akan menjangkau lebih banyak pengguna dari ponsel kelas pemula.

Adapun spesifikasi Wizphone ditenagai oleh Qualcomm MSM 8950 dengan RAM 512 GB dan memori internal 4 GB. Dengan bekal kapasitas baterai 1.800 mAh dapat stand by time hingga 350 jam. Tak ketinggalan, ponsel ini juga terpasang kamera belakang 2 megapiksel dan kamera depan VGA.

Secara fisik, ponsel ini sangat ringan seperti ponsel ‘jadul’ dan keyboard tipe T9. Sehingga, ponsel ini cukup menjawab kerinduan ponsel lama namun tetap moderen karena adanya berbagai aplikasi Google.

Komentar Anda ?

Leave a Reply