4 Kuliner Unggulan Makassar yang Terbuat dari Daging

Sulselku – Makassar adalah kota yang terkenal dengan kelezatan kulinernya, kuliner di Makassar punya ciri khas tersendiri bagi penikmatnya. Para pengunjung pun mengaku jatuh cinta dengan cita rasa yang ditawarkan kuliner Makassar. Berikut beberapa kuliner unggulan Kota Daeng yang terbuat dari daging:

1. Coto Makassar

Coto Makassar
Coto Makassar

Kuliner yang satu ini sudah terkenal seantero nusantara, Makassar terkenal dengan coto nya, begitu pula coto pasti identik dengan Makassar. Makanan yang terbuat dari daging dan jeroan sapi dipadu dengan kuah yang kaya rasa itu selalu bikin ketagihan. Harganya pun terjangkau untuk semua kalangan.

2. Konro

Sop Konro
Sop Konro

Sup ini berbahan dasar iga sapi atau daging sapi. Daging sapi direbus bersama dengan bahan lain seperti kayu manis, air asam jawa dan berbagai bahan lainnya. Kemudian tumisan campuran beberapa bumbu masak seperti merica, pala, kacang merah dan bahan lainnya, dituangkan kedalam rebusan iga sapi. Warna gelap sop konro berasal dari buah kluwak yang memang berwarna hitam. Bumbunya relatif “kuat” akibat digunakannya ketumbar. Konro aslinya dimasak berkuah dalam bentuk sup yang kaya rempah-rempah, akan tetapi kini terdapat variasi bakar yang disebut “Konro bakar” yaitu iga sapi bakar dengan bumbu khas konro. Masakan berkuah warna coklat kehitaman ini pada umumnya disajikan atau dimakan bersama nasi putih dan sambal.

3. Pallu Basa

Pallu Basa
Pallu Basa

Pallu Basa merupakan salah satu makanan yang berasal dari daerah Makassar, Resep Masakan Pallu Basa ini cara penyajiannya hampir mirip sekali dengan Coto Makassar, hanya saja yang membuat berbeda yaitu terletak pada beberapa bahan yang digunakan. Pallu Basa ditambah dengan parutan kelapa dan bisa dipadukan dengan telur setengah matang.

4. Sop Saudara

Sop Saudara
Sop Saudara

Makanan tradisional khas Kabupaten Pangkep sulawesi selatan ini dapat dijumpai di Makassar. Sop saudara dibuat dari daging sapi, bihun dan kentang goreng yang biasanya dibentuk bola-bola kecil, dan paru sapi yang digoreng, biasanya disajikan bersama dengan nasi putih, ikan bakar, dan telur rebus sebagai tambahan lauknya.

Komentar Anda ?

Leave a Reply