Ayah Bunda, Liburan Spontan Mampu Menstimulasi Imajinasi Anak Loh

Sulselku – Liburan tentu menjadi momen yang ditunggu-tunggu oleh keluarga. Karena mengajak anak-anak kecil, biasanya orang tua sudah merencanakan momen itu jauh-jauh hari untuk menimialisir kehebohan akibat kurangnya persiapan.

Meski banyak yang lebih memilih liburan yang terencana dengan matang, ternyata liburan mendadak juga bagus untuk anak-anak. Dilansir dari Travel and Leisure, riset terbaru menyebut kalau liburan dadakan atau spontan mampu menstimulasi imajinasi sekaligus kreativitas anak. Tidak hanya itu, anak-anak pun akan jadi lebih mandiri.

Menurut Dr. Sam Wass, seorang psikolog di Cambridge University, anak-anak bisa belajar banyak hal saat melakukan hal-hal yang tak terencana. Berdasarkan riset tersebut, anak-anak sebaiknya punya tiga jam waktu luang tanpa rencana perhari pada hari efektif dan enam jam perhari saat akhir pekan.

Agar anak dapat memaksimalkan waktu luangnya itu, Wass menyarankan tiga hal berikut ini. Pertama, dorong anak-anak agar mau menghabiskan waktu bermain di luar rumah. Kedua, jadwalkan jam bermain anak sepulang sekolah agar dia tak kelelahan akibat terlalu banyak aktivitas.

Terakhir, Wass menyarankan agar keluarga menghabiskan akhir pekan dengan liburan spontan, misalnya menjelajahi obyek wisata baru bersama-sama atau menghabiskan waktu seharian dengan berpetualang mengelilingi kota.

Selain itu, untuk memaksimalkan waktu luang yang ada, Wass menganjurkan orang tua agar membatasi waktu anak-anak yang dihabiskan untuk menatap layar (menonton TV dan bermain gawai).

Komentar Anda ?

Leave a Reply