Bahaya Tidur Pagi Bagi Wanita Hamil, Nomor 3 Paling Ngeri

Sulselku – Orang-orang terdahulu sering melarang untuk tidur pagi, mulai dikaitkan dengan masalah rezeki, jodoh hingga masalah kesehatan. Nah ternyata tidur pagi itu memang tidak sehat untuk segala usia, beraktivitas di pagi hari tentu jauh lebih sehat. Dan tidur pagi ini juga berbahaya bagi wanita hamil, karena selain harus menjaga kesehatan dirinya, wanita hamil juga harus menjaga kesehatan bayi dalam kandungannya.

1. Mudah Merasa Lesu. Masa kehamilan memang menjadi masa penuh ujian bagi wanita, banyak hal yang berubah termasuk jam tidur yang tidak teratur sedangkan wanita hamil dituntut memiliki waktu tidur yang cukup demi kesehatan diri dan janinnya.

Tak heran banyak wanita hamil yang sering tidur pagi untuk menjaga waktu tidurnya yang tidak teratur. Kebiasaan tidur pagi tidak akan membuat tubuh terasa lebih bugar, melainkan akan menyebabkan stamina tubuh melemah. Bahkan tanpa disadari, ibu hamil akan semakin mudah lelah dan terlihat lesu.

Tidur di pagi hari juga akan membuat ibu hamil menjadi malas beraktivitas. Sebelum ini menjadi sebuah kebiasaan buruk, ada baiknya jangan sampai enggan dalam menggerakan tubuh.

2. Memicu Resiko Terkena Diabetes.
Terkena penyakit diabetes atau kencing manis pun bisa terjadi pada kondisi ibu hamil yang terbiasa tidur di pagi hari. Ini disebabkan jarang sekali bergerak, sehingga tubuh tidak bisa melakukan pembakaran lemak. Kondisi seperti ini tentu juga akan menghambat pasokan gula di dalam tubuh.

3. Bayi terlahir hydrocephalus. Yang paling mengerikan adalah dampak negatif tidur pagi untuk janin dalam kandungan, pada saat lahir mereka rentan mengalami hydrocephalus, yaitu kondisi dimana kepala bayi lebih besar daripada bayi lainnya.
Hal ini disebabkan cairan yang ada pada tubuh. Cairan bernama serebrospinal bisa mengalami penumpukan pada bagian saluran menuju ke otak.

Perlu diketahui kalau cairan serebrospinal memiliki fungsi yang penting bagi tubuh. Cairan serebrospinal bertugas untuk melindungi otak dari cedera.
Cairan ini mengalir dalam ventrikel otak dan berada di sekitar saraf tulang belakang.
Bila tidak ditangani atau terlalu lama didiamkan begitu saja, kelebihan cairan serebrospinal selama masa kehamilan bisa menyebabkan ibu hamil akan mengalami sakit kepala yang begitu hebat karena koordinasi antarsaraf pada otak terhambat.

4. Hilang Konsentrasi dan Sering Kebingungan. Selain hilang konsentrasi, ibu hamil dengan kebisaan tidur di pagi hari juga kerap merasa kebingungan. Tak jarang ibu hamil merasa kesulitan dalam membedakan keadaan atau kondisi. Tidur di pagi hari berarti ibu hamil akan terbiasa mengawali hari di siang atau sore hari. Biasanya banyak ibu hamil yang sering melihat jam dinding untuk sekedar mengenali keadaan dan waktu karena dirinya kerap merasa kebingungan.

Komentar Anda ?

Leave a Reply