Benarkah Isu Grace Natalie Jadi Menteri Hanya Hoax?

Sulselku – Publik kembali geger dengan beredarnya dokumen ‘Risalah Rapat Pengangkatan Menteri Pembantu Presiden dalam Kabinet Kerja Jilid II Periode 2019-2024’. Dokumen tersebut memuat nama-nama menteri Jokowi periode kedua.

Salah satu nama yang menuai perhatian publik adalah Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Grace Natalie yang tercantum menduduki kursi Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA). Tidak sedikit yang menilai Grace Natalie sebagai sosok yang tidak layak menempati kursi tersebut,.

Namun apakah dokumen yang beredar tersebut adalah hoax? Dalam dokumen terdapat tulisan bahwa rapat penyusunan kabinet itu diagendakan pada Minggu, 14 Juli 2019, di ruang rapat Sentul City International Convention Center, Bogor, Jawa Barat.

Namun Sekjen PSI, Raja Juli Antoni kepada wartawan, Rabu (17/7/2019) mengatakan tidak pernah mengajukan nama Grace sebagai calon menteri PPPA. “”PSI belum pernah mengusulkan nama Grace Natalie sebagai menteri,” kata Toni.

Penjelasan risalah kabinet yang diberi nama ‘Koalisi Indonesia Maju’ itu hoaxjuga sebelumnya disampaikan Wakil Ketua TKN Jokowi-Amin, Abdul Kadir Karding. Karding mengatakan koalisi tak merekomendasikan nama-nama menteri.

“Itu hoax, saya kira itu hoax. Yang kedua, kalau koalisi, apalagi TKN, tidak akan merekomendasi nama-nama atau tidak akan ikut dalam artian menentukan sepenuhnya menteri-menteri, tugas koalisi itu tugas TKN dalam hal ini itu adalah memenangkan Pak Jokowi-Ma’ruf,” kata Karding saat dimintai konfirmasi.

“Kalau koalisi partai-partai itu, itu partai-partai mengirim nama, lalu itu nanti yang akan dipilih oleh Pak Jokowi, jadi saya kok yakin itu hoax,” sambungnya.

Namun apakah isu ini benar-benar hoax?

 

Komentar Anda ?

Leave a Reply