Inilah Penerus Nabi Adam

nabi-adamSebagai nenek moyang manusia, Adam dan Hawa tentunya mempunyai anak yang banyak, Imam Abu Ja’far bin Jarir menyebutkan dalam kitab at-tarikh bahwa Hawa melahirkan 40 anak dalam 20 kali persalinan, Hawa selalu melahirkan anak kembar. Adapula yang mengatakan Hawa melahirkan sebanyak 120 kali, yang sulung bernama Qabil dan saudarinya, Qalima, sedang yang bungsu bernama Abdul Mughist dan Ummul Mughist. Dan para ahli sejarah menyebutkan sebelum Adam meninggal dia sempat melihat 400.000 anak dan cucu-cucunya.

Lalu siapa penerus Nabi Adam? Anak kesayangan Adam, Habil meninggal karena dibunuh oleh Qabil, Adam sangat berduka, namun Allah mengganti Habil dengan kelahiran putra Adam yang bernama Syaits. “Aku memberi nama itu karena aku diberi pengganti Habil yang telah dibunuh Qabil,” kata Hawa. Saat Syaits lahir saat itu Adam berusia 130 tahun.

Setelah Adam meninggal, tugas keagamaan dipikul oleh Syaits, menurut nash Ibnu Hibban, Syaits ini adalah seorang Nabi, lima puluh lembaran wahyu diturunkan kepadanya.

Waktu terus berjalan, Syaits pun menemui ajalnya, maka digantikan oleh anaknya Anusy, lalu Qanin, selanjutnya Mahlayil, kemudian Yarid. Dan saat Yarid meninggal digantikan oleh anaknya Nabi Idris.

Seperti yang dituturkan Ibnu Katsir mengutip salah satu sumber bahwa nasab seluruh keturunan Adam saat ini bermuara pada Syaits, anak-anak Adam selain Syaits punah dan lenyap. Wallahu a’lam.

Kisah ini inti sari dari kitab qishashul anbiya karya Ibnu Katsir. 

Komentar Anda ?

Leave a Reply