KKN Tematik PU PERA Unhas Tawarkan Konsep “Patangkasa’ ki Je’netallasa” dikantor Desa.

Sulselku – Peserta Kuliah Kerja Nyata Tematik Pekerjaan Umum & Pemukiman Rakyat (PU-PERA) Universitas Hasanuddin gelombang 102 tawarkan konsep kebersihan Desa Je’netallasa Kecamatan Pallangga Kabupaten Gowa. Senin 8 Juli 2019.

Konsep yang dibawa peserta KKN ini dipresentasikan langsung didepan aparat desa Je’netallasa.

Konsep “Patangkasa’ ki Je’netallasa” adalah konsep yang bermuatan Edukatif, Persuasif & Rekreatif. Seperti yang dijelaskan Akbar salah satu peserta KKN.

“Patangkasa’ ki Je’netallasa adalah konsep kegiatan yang didalamnya terdapat nilai-nilai Edukatif, Persuasif & Rekreatif. Edukasi yang kami maksud adalah penyuluhan dan pemanfaatan sampah di desa Je’netallasa.
Setelah itu kami akan lakukan pressure, untuk mengingatkan warga akan bahayanya buang sampah sembarang ”

Selain dari itu, Peserta KKN Unhas ini juga akan membuat Eco Bricks sebagai bentuk pemanfaatan sampah.

Andi Assyahra Tenri Olle (peserta KKN) menjelaskan, “Eco bricks yang akan kami buat adalah bak sampah ( tempat pembuangan sementara) yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat Je’netallasa.
Bak sampah ini terbuat dari sampah, seperti namanya, Eco : Ramah Lingkungan & Bricks :Bata
Jadi Eco Bricks adalah batu bata yang ramah lingkungan. Alias batu bata yang terbuat dari kumpulan botol terisi sampah dengan padat”.

Selain dari itu, rangkaian “Patangkasa’ki Je’netallasa” juga diikuti kegiatan “JEC” Je’netallasa English Course. Kegiatan ini akan diikuti oleh Anak-anak SD & SMP.

Ada yang menarik dari konsep kegiatan JEC ini, Karena pelaksanaannya tidak berjalan seperti umumnya.
Seperti yang dikatakan Mahasiswi Sastra Prancis Dwi Anugerah (peserta KKN), ” Anak-anak yang ingin belajar bahasa Inggris diwajibkan membayar iuran belajar. Pembayarannya itu pake sampah plastik. Bukan uang. Sampah inilah yang kami juga pakai untuk buat Eco Bricks”.

Sekretaris Desa Je’netallasa Nur Alam Sultan Mengapresiasi ide dari peserta KKN ini.
Ia berharap lewat kegiatan ini kesadaran Masyarakat nantinya bisa meningkat dan komunitas pemuda bisa ikut berperan.
” Kita sangat apresiasi kegiatan ini, semoga apa yang diprogramkan bisa terlaksana sebaik mungkin untuk kemanfaatan masyarakat Desa Je’netallasa”. Tutup Bapak dari 2 anak ini.

Komentar Anda ?

Leave a Reply