Mahasiswa KKN-E Unifa Ajak Siswa SD Rappokalling Manfaatkan Sampah Plastik Jadi Ekonrik

Sulselku – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN)-E Unifa rangkul siswa SD inpres Rapokalling untuk membuat Ekobrik. Sabtu, (18/03/2019). Kegiatan ini diikuti oleh siswa-siswi Inpres Rappokaling 1 dan 2.

Salah seorang Mahasiswa Unifa, Clara Tangdilintin mengatakan, program tersebut merupakan bagian dari program kerja mahasiswa KKN Kelurahan Rappokaling.

Ekobrik adalah salah satu diantara teknik daur ulang sampah dengan cara sangat sederhana. Ekobrik meminimalisir sampah plastik dengan menggunakan Media Botol Plastik Bekas yang diisi dengan sampah Anorganik sampai padat.

“Target kami adalah timbulnya kesadaran, dan tanggung jawab pribadi dalam mengolah sampah terutama bagi siswa-siswi di Kelurahan Rappokaling,” ujar Zulfahmi selaku Koordinator Kegiatan.

Selain mengurangi sampah, Ekobrik bisa di manfaatkan menjadi Kursi, Meja, hingga dinding Rumah. Jika dipadatkan dengan baik, Ekobrik akan menjadi kuat dan mampu menopang beban berat.

“Rencananya kita akan buat Ekobrik berbasis Komunitas. Kita rangkul semua golongan mulai dari Rt/Rw agar bisa menjadi solusi sampah plastik untuk kota Makassar,” lanjut Zulfahmi.

Edukasi pemanfaatan pengolahan sampah ini memberikan manfaat positif bagi siswa. Selain itu, hal ini sangat berkesinambungan dengan Program Lisa (lihat sampah ambil) dari pemerintah Kota Makassar.

“Sosialisasi ini sangat bagus, karna siswa diajarkan untuk memungut sampah yang ada di lingkungan sekolah khususnya,” ujar Pak Lukman sebagai Guru kelas, SD Inpres Rappokaling 1.

“sebelumnya, belum ada Mahasiswa yang adakan pelatihan seperti ini di sekolah, baru mahasiswa Unifa yang kenalkan Ekobrik ke siswa,” lanjutnya.

Komentar Anda ?

Leave a Reply