Nabi Yang Berprofesi Sebagai Penjahit

Ilustrasi
Ilustrasi

 

“Dawud adalah seorang pembuat perisai, Adam seorang petani, Nuh seorang tukang kayu, Idris seorang penjahit dan Musa adalah penggembala.” (HR. Hakim)

Dialah Idris bin Yarid bin Mahlayil bin Qanin bin Anusy bin Syaits bin Adam, genarasi ke enam Nabi Adam lewat jalur turunan Nabi Syaits.
Sebenarnya nama asli Nabi Idris adalah Khanukh, dalam Alkitab disebut Henokh, ada yang mengatakan bahwa asal mula nama Idris berasal dari kosa kata bahasa Arab, “darasa”yang memiliki arti belajar, karena Idris sering mempelajari mushaf Adam dan Syaits. Namun hal itu dibantah oleh Az-Zamakhsyari bahwa kata Idris bukan nama yang berasal dari bahasa Arab. Adapula yang mengatakan Idris adalah sebagai sebutan atau nama Arab bagi Akhnukh, nenek moyang Nuh.
Selain berprofesi sebagai penjahit dan mempelajari mushaf Adam dan Syaits kemudian mengajarkannya, Idris adalah salah seorang nabi penemu tulisan dan alat tulisnya. Nabi mulia ini juga dijuluki sebagai “Asad al-asad” (Singa dari segala singa) karena keberanian dan kegagahannya, sedangkan di dalam kisah lain, Idris diberi julukan “Harmasu al-Haramisah” (Ahli perbintangan). Keren!  Dia juga menguasai berbagai bahasa, ilmu perhitungan, ilmu alam, dan lain sebagainya.
……..
Mengenai tempat kelahiran Nabi Idris ada yang mengatakan ia lahir dan tinggal di Babil, Iraq, ia berdakwah kepada kaumnya yang bernama bani Qabil dan Mempehis, sedang beberapa kisah menyebutkan Idris lahir di daerah Munaf, Mesir. (Wikipedia)
Semasa hidupnya dia berdakwah untuk menegakkan agama Allah, mengajarkan tauhid, dan beribadah menyembah Allah serta memberi beberapa pendoman hidup bagi pengikutnya supaya selamat dari siksa dunia dan akhirat.
Komentar Anda ?

Leave a Reply