Pemerintah itu Melayani Bukan Dilayani!


Oleh : Asfar M Nur, Ketua FPK Ballasaraja

Sukselku – Tulisan ini berawal ketika salah seorang teman cerita tentang pelayanan aparatur pemerintahan yang ada di beberapa SKPD di daerahnya yang pelayanannya sering kali kurang memuaskan, dan itu pernah juga saya rasakan ketika kartu tanda penduduk yang saya punya bermasalah, maka saya putuskan untuk segera mengurusnya. Saya pikir identitas adalah yang paling penting ketika bepergian apa lagi ketika ingin melamar sebuah pekerjaan, Ehh.😂

Seperti kita ketahui pemerintah pada hakekatnya memiliki fungsi pokok yakni mengatur dan melayani masyarakat. Maka tugas pemerintah tidak semata-mata mengatur saja, akan tetapi fungsi pelayanan adalah hal yang paling penting. Fungsi pelayanan selama ini belum mendapatkan perhatian penuh dari para birokrat pemerintah kita, sebab porsi mengaturnya masih dominan ketimbang porsi pemberian pelayanan.

Pemerintah harusnya bekerja untuk kepentingan masyarakat sehingga target dan ukuran keberhasilannya adalah terwujudnya kebijakan,pelayanan, serta sarana prasarana demi kesejahteraan, kemakmuran dan keadilan. Sebagai pelayan masyarakat mestinya dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya harus mengedapankan nilai-nilai kemanusiaan sebagai tolak ukur dalam pemberian pelayanan yang berkualitas.

Selama ini, budaya birokrat pemerintahan selalu mengutamakan fungsi mengatur berorientasi pada kekuasaan untuk mempertahankan posisi atau jabatannya. Ini menjadi nilai dan daya tarik bagi birokrasi. Ini dipahami karena banyak hal yang diinginkan oleh pejabat misalnya, penghasilan,pengaruh, fasilitas dan itu selalu terkait dengan kekuasaan yang dimiliki. Motivasi ini yang menyebabkan para birokrat pemerintah lebih berorientasi untuk mencari dan mempertahankan kekuasaan dari pada melayani masyarakat.

Pemerintahan yang demokratis dimana masyarakat luas merasa mendapatkan nilai atau manfaat dari keberadaan pemerintah, baik karena kebijakan ataupun pelayanannya. Sebagai pelayan publik harusnya mengedapankan kepentingan umum, mempermudah urusan masyarakat dan memberikan kepuasan kepada masyarakat. bukan masyarakat yang melayani pemerintah.

Maka dari itu, sebagai masyarakat biasa, disertai dengan hormat dan kerendahan hati yang paling dalam saya ingin sedikit berpesan kepada seluruh aparatur pemerintahan untuk tetap mengedapankan fungsi pelayanannya sebagai pelayan publik ketimbang mengatur. Jangan sampai dikemudian hari kita masih mendapati permasalahan yang sama. Dan semoga kita semua selalu dalam lindungan Tuhan, diberi kesehatan untuk menjalani kegiatan.

Komentar Anda ?

Leave a Reply