Rumah Qur’an Aisyah Bermitra dengan Pengabdian Masyarakat PNUP dalam Bidang Teknologi

Sulselku – Politeknik Negeri Ujung Pandang yang biasa disingkat PNUP adalah salah satu perguruan tinggi vokasi terkemuka di Indonesia Timur yang senantiasa menjunjung tinggi Tri Dharma Perguruan Tinggi, Yakni Pengajaran, Penelitian dan Pengabdian. Terkait Masalah Penelitian dan Pengabdian melalui Unit yang konsen dibidang tersebut adalah unit Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (UPPM) setiap tahunnya mengeluarkan DIPA rutin untuk mendukung kegiatan Penelitian dan Pengabdian masyarakat.

Salah satu Tim Pengabdian yang tahun ini mendapatkan hibah DIPA Rutin PNUP adalah tim yang di ketuai oleh Kartika Dewi, S.T.,M.T dibantu oleh dua orang dosen dengan latar belakang keilmuawan yang beragam untuk mendukung tema kegiatan pengabdian masyarakat dengan Judul kegiatan “IBM Implementasi Metode ajar Interaktif menggunakan Virtual Realty (VR) untuk Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Rumah Qur’an Aisyah”.

Rumah Qur’an Aisyah (RQA) berlokasi di AP. Pettarani Jl. Buakana, No. 60 menjadi mitra PNUP dalam mengiplementasikan kegiatan pengabdian tidak dilakukan secara kebetulan. Sebelumnya tim kami melakukan mendahului melakukan survey beberapa lembaga pendidikan anak usia Dini yang bisa dijadikan mitra pengabdian. Dan pilihan akhirnya jatuh kepada Rumah Qur’an Aisyah (RQA) karena lembaga ini konsen pada pendidikan anak usia dini dengan pendekatan Al Qur’an. Anak anak sedari dini telah diajarkan menghafal Qur’an bukan hanya juz Amma tapi targetnya 30 Juz. Hal ini sangat jarang didapatkan dilembaga PAUD lainnya di kota Makassar. Selain itu, di Rumah Qur’an Aisyah anak-anak diberikan pendidikan akhlak, adab, dan stimulus panca indera untuk mendukung tumbuh kembang psikis dan fisiknya. Nah, yang tak kala pentingnya pihak manajemen pendidikan di Rumah Qur’an Aisyah menerapkan pola pendidikan “Didiklah Anakmu Sesuai Zamannya”. Jadi anak-anak sedari kecil sudah di siapkan dengan bekal di zaman di mana mereka akan berjuang saat usia besar nanti. Dan zaman itu adalah zaman di mana teknologi menjadi pusat kendali, demikian dituturkan oleh Kartika Dewi.

Berbekal hal diatas, Kartika dewi bersama tim menjadikan Rumah Qur’an Aisyah sebagai mitra pengabdian. Adapun bentuk kegiatan yang dilakukan adalah penyerahan sejumlah perangkat multimedia yang mendukung pembelajaran interaktif mengunakan Virtual Reality(VR). Selain itu, Tim juga membuat aplikasi media pembelajaran yang menarik dan interaktif untuk anak-anak usia Dini. Kedepannya kami akan melanjutkan kegiatan ini dalam bentuk penelitian terkait teknologi Virtual Reality(VR) bagi anak PAUD dalam hal keamanan penggunaan perangkat VR.

Komentar Anda ?

Leave a Reply