Ternyata Menangis Bermanfaat Bagi Kecantikan

Sulselku – “Jangan menangis, nanti kamu jelek,” Begitulah orang tua sering menakut-nakuti anaknya agar tidak menangis, bahkan menangis selalu diidentikkan dengan sesuatu yang negative, seperti cengeng dan manja. Namun tahukah kamu bahwa menangis itu punya banyak manfaat, terutama bagi kecantikan? Nah berikut ini rangkuman manfaat menangis bagi kecantikan.

Mata merah dan bengkak merupakan salah satu akibat jika Anda menangis terlalu lama. Namun jangan khawatir, dibalik itu semua ternyata menangis memiliki manfaat bagi kesehatan. Berikut adalah beberapa manfaat menangis, di antaranya:

1.Melepaskan ketegangan

Manfaat menangis yang utama adalah meredakan ketegangan yang Anda rasakan. Alasan mengapa banyak wanita tidak selalu cemberut dibandingkan dengan pria adalah karena wanita akan terus meredakan ketegangan melalui menangis.

Pada kenyataannya adalah sebagian orang-orang ingin menangis tapi lebih sering menahannya. Guna menghilangkan rasa tegang, akan lebih baik jika Anda menangis.

2.Membersihkan kotoran mata

Meski hal ini terdengar aneh, faktanya menangis memang mampu membersihkan kotoran mata. Membiarkan air mata mengalir akan menghilangkan kotoran yang tidak dapat dihilangkan hanya dengan mencuci mata dari luar. Air mata juga dapat berfungsi untuk menjaga mata tetap segar dan tidak kekeringan.

3.Melindungi mata dari bakteri

Ketika Anda bepergian ke tempat umum atau sedang mengendarai motor, maka mata Anda sangat rawan terkena debu dan bakteri. Air mata dapat membantu Anda untuk melindungi mata dari serangan bakteri karena mata memiliki lisozim, suatu larutan enzim yang terdapat di dalam cairan sekresi eksokrin, seperti air susu ibu, air mata, keringat, lendir hidung dan cairan mulut.

Cairan ini berfungsi untuk membunuh bakteri hanya dalam waktu kurang lebih 5 menit. Oleh karena itu, jangan menyepelekan manfaat menangis.

4. Melegakan perasaan

Manfaat menangis lainnya adalah mengurangi emosi yang sedang Anda rasakan. Menangis membantu Anda untuk membiarkan emosi pergi dan juga bisa digunakan sebagai bentuk pengekspresikan diri.

Meskipun Anda didera berbagai macam masalah dan cobaan, namun setelah menangis biasanya akan muncul perasaan lega. Setelah menangis, sistem limbik, otak dan jantung akan menjadi lancar, dan hal itu membuat seseorang merasa lebih baik dan lega.

Setelah Anda selesai menangis dan membiarkan semua emosi Anda pergi, Anda akan merasa lebih baik. Manfaat menangis yang utama adalah untuk membuat Anda merasa lebih baik dan merasa lega.

5. Meningkatkan mood

Seseorang yang menangis bisa menurunkan level depresinya, dan membuat moodseseorang akan terangkat kembali. Air mata yang dihasilkan dari tipe menangis karena emosi mengandung 24 persen protein albumin yang berguna dalam meregulasi sistem metabolisme tubuh dibanding air mata yang dihasilkan dari iritasi mata.

6. Mengeluarkan racun

Sebuah studi tentang air mata menemukan bahwa, air mata yang keluar dari hasil menangis karena emosional ternyata mengandung racun. Tapi jangan salah, keluarnya air mata yang beracun itu menandakan bahwa air mata membawa racun dari dalam tubuh dan mengeluarkannya lewat air mata.

Air mata mengeluarkan hormon stres yang terdapat dalam tubuh yaitu endorphin leucine-enkephalin dan prolactin. Selain menurunkan level stres, air mata juga membantu melawan penyakit-penyakit yang disebabkan oleh stres seperti tekanan darah tinggi.

7. Mengurangi stres

Seperti penjelasan sebelumnya, air mata yang berasal dari emosional, hormon stres akan turut dikeluarkan saat sedang menangis. Tak hanya itu, sebuah studi mengungkapkan manfaat menangis dapat merangsang hormon endorfin yang merupakan pembunuh rasa sakit alami yang dapat membuat Anda merasa lebih baik

8. Meningkatkan penglihatan

Air mata mampu membantu menjaga mata Anda agar tetap lembap, membersihkan mata dari debu-debu, dan mencegah iritasi pada mata. Pada akhirnya, air mata dapat menjernihkan penglihatan Anda.

Manfaat menangis juga dapat mencegah membran mukosa pada mata agar tidak mengalami kekeringan atau dehidrasi. Kekeringan pada mata dapat membuat mata rentan terhadap serangan bakteri.

9. Meningkatkan keintiman

Jika Anda bisa menunjukkan kepada orang lain mengenai kedalaman duka yang Anda rasakan, hal itu membantu memperdalam ikatan Anda dengan orang tersebut. Oleh karena itu, manfaat menangis bagi wanita atau pria dapat meningkatkan tingkat keintiman.

10. Meningkatkan kreativitas

Selain terkait kesehatan, manfaat menangis ternyata juga bisa meningkatkan kreativitas. Jika Anda melihat kehidupan musisi, artis, atau penyair, semua pasti pernah menghasilkan sesuatu yang kreatif yang dipicu dari aktivitas menangis.

Membuka diri kepada dunia dalam bentuk kreatif dan membiarkan orang lain tahu tentang apa yang Anda hadapi, mungkin membuat Anda sadar bahwa Anda tidak sendirian. Ada banyak orang lain yang memiliki masalah serupa dan bisa mendapatkan inspirasi dari Anda.

11. Meningkatkan kualitas tidur

Sebuah penelitian menemukan bahwa menangis dapat membantu bayi tidur lebih baik. Namun apakah menangis memiliki efek membuat tidur lebih baik yang sama pada orang dewasa–belum ada penelitian terhadap hal ini.

Namun, efek menegangkan, meningkatkan mood, dan menghilangkan rasa sakit dari manfaat menangis dapat membantu seseorang tertidur lebih mudah. Manfaat menangis pada bayi membantunya membersihkan cairan ekstra di paru-paru, hidung, dan mulut.

 

sebagian artikel ini pernah dimuat di doktersehat

Komentar Anda ?

Leave a Reply