Tips Menjaga Kebersihan Kuku Bagi Mereka yang Ingin Berkurban

Sulselku – Idul adha tinggal menghitung hari,  bagi umat Islam yang sudah berniat untuk kurban tentunya lebih afdhal jika tidak memotong kuku dan rambut mulai tanggal 01 Dzulhijjah sampai hewan kurbannya disembelih. Nah hari ini masuk 1 Dzulhijjah, berarti anda yang berniat kurban hari ini tidak memotong kuku sampai 10 hari ke depan, bahkan bisa jadi sampai 13 hari ke depan jika hewan kurban anda disembelih pada tanggal 13 Dzulhijjah.

 

Lalu bagaimana cara merawat kuku anda agar tetap bersih tanpa harus dipotong, berikut kami kasih tipsnya, biar kuku anda bersih dan kinclong seperti kuku artis.

 

Bersihkan dengan Minyak Zaitun

Minyak zaitun ini memang dikenal sebagai minyak kecantikan, banyak produk kosmetik yang menggunakan minyak zaitun. begitu pula dengan merawat kecantikan kuku. Kandungan minyak zaitun membantu memperkuat jaringan pada kuku sehinga mampu menjaga kesehatan kuku.

Cara perawatannya cukup mudah, yaitu dengan menghangatkan minyak zaitun lalu oleskan pada kuku menggunakan cuttonbath. Diamkan selama 15-20 menit, setelah selesai bilas menggunakan air hingga bersih.

Rendam dengan Air Jeruk

Air jeruk juga memiliki banyak fungsi, jeruk bukan hanya buah sehat dengan kandungan vitamin C, tapi jeruk juga bisa berfungsi sebagai shampo dan berbagai macam kegunaan lainnya, salah satunya untuk merawat kuku.

Perawatan tersebut adalah dengan merendam kuku dalam air jeruk. Siapkan air hangat dalam sebuah wadah, lalu campurkan perasan air jeruk kedalamnya. Rendamlah kukumu selama 15-20 menit, lalu bilas mengggunakan air bersih untuk menghilangkan rasa lengket akibat air jeruk.

Bersihkan dengan Belimbing Wuluh

Vitamin C pada belimbing wuluh dapat memperbaiki kelembapan alami kuku. Selain itu belimbing wuluh juga dapat mengangkat kotoran yang menempel pada kuku, sehingga dapat membuat tampilan kuku menjadi bersih berkilau.

Cara penggunaanya adalah dengan menggosok-gosok lembut belimbing wuluh ke bagian ujung kuku agar airnya dapat meresap kedalam dan mengeluarkan kotoran dari dalam kuku. Selanjutnya gosokkan juga secara merata pada bagian kuku lainnya, setelah selesai bilas dengan air bersih.

Menggunakan Bawang Putih

Nah, perawatan terakhir ini sedikit tidak nyaman apalagi bagi yang tidak suka dengan bau bawang putih. namun perawatan dengan cara ini memiliki banyak manfaat dan mencegah dari berbagai masalah kuku yang sering kita temui.

Perawatan kuku menggunakan bawang putih dapat menjaga kukumu agar tidak rapuh, retak maupun patah. Bawang putih juga menjaga kukumu agar terhindar dari serangan jamur kuku yang akan merusak tampilan kukumu.

Perawatan dengan bawang putih dilakukan dengan cara menggosokkan secara perlahan dan merata bawang putih yang telah dibelah. Diamkan dan biarkan kandungan dari bawang putih meresap ke dalam kuku.

 

 

Komentar Anda ?

Leave a Reply