Yuk Coba Guys! Ini Cara Agar Kecanduan Olahraga

Sulselku – Ketika kecanduan sering dikaitkan dengan hal negatif seperti merokok, gawai, dan sebagainya, dr. Michael Triangto, SpKO mengatakan, kecanduan juga bisa diarahkan kepada hal positif, salah satunya olahraga.

“Ayo Indonesia bergerak, adiksi dalam berolahraga, karena kalau tidak bergerak, atau kurang bergerak, kemudian dikombinasikan dengan makanan yang tidak sehat, semakin tinggi risiko terancam kematian akibat penyakit tidak menular,” katanya, di bilangan Menteng, Jakarta Pusat, Jumat, ( 7/11).

Dirinya juga mengatakan, masalah awal dari kurang gerak memang terlihat sepele, hanya nyeri di bagian tubuh tertentu, pegal, dan sebagainya. Namun jika berkelanjutan, mulai dari obesitas, dan merambat lagi memanggil banyak penyakit mematikan lainnya. Itu sangat mungkin terjadi.

“Tetapi untuk memulainya, harus benar. Jadi ketika mulai bisa menjadi suatu kebiasaan, yang dilakukan seumur hidup, bukan awalnya doang, atau sedang tren. Tipsnya untuk memulai bisa terapkan mindset dulu untuk lakukan olahraga dengan BBTT,” tambahnya.

BBTT yang dimaksud dokter Michael adalah ‘Baik, Benar, Terukur dan Teratur’. Baik maksudnya, sejak usia dini hingga usia lanjut, olahraga dianjurkan minimal 30 menit menggunakan perlengkapan olahraga yang sesuai, dan terpenting dilakukan secara bertahap.

“Untuk orang yang mau mulai rutin olahraga, banyak yang salah langsung ambil yang berat-berat. Bertahap, jadi gak kapok, misal dimulai jalan, baru lari, baru apa lagi misalnya. Kemudian, benar itu maksudnya, pilih olahraga yang digemari, aman, mudah, sesuai kondisi fisik, jangan orang mau ini kita ikut sesuaikan,” jelasnya.

Untuk terukur dan teratur, penting sebenarnya untuk mengetahui atau mengontrol kondisi tubuh seperti denyut nadi dengan olahraga yang kita pilih sudah tepat, kurang, atau berlebih. Jangan lupa, untuk teratur malakukannya, agar tercapai manfaat dari olahraga. Perlu dilakukan minimal tiga kali seminggu.

“Penelitian di Jepang, dengan bergerak yang baik dan cukup, bisa menekan biaya hipertensi, diabetes, dan penyakit menular lainnya. Jadi, jangan lagi sudah tau manfaat olahraga, namun masih malas melakukannya ya. Lakukan yang benar, jangan jadikan beban, lakukan dengan senang hati, sampai olahraga menjadi kecanduan, gaya hidup,” ajaknya.

Komentar Anda ?

Leave a Reply